Pengertian Apa itu Tender ? Persyaratan dan Tips Sukses !

- May 27, 2022 | 7:36 am

Apa itu Tender? Bagi orang awam yang tidak tahu pengertian apa itu tender pasti kurang paham tentang tugasnya, pekerjaannya, serta fungsi yang menguntungkan. Tender memang merupakan hal yang jarang didengar. Namun bagi pelaku bisnis, definisi konsep hingga proses tender adalah sudah pasti fenomena yang familiar bahkan terkesan wajib untuk mereka kenali.

Hal tersebut karena kini persaingan bisnis yang semakin ketat karena perusahaan yang berjalan pada bidang yang sama sudah tidak lagi sedikit dan perusahaan harus mencari cara untuk menaikkan value perusahaan. Dengan langkah itu, mereka akan berhasil mempertahankan eksistensi di pasar bisnis.

Seperti apa itu tender sebenarnya? Bagaimana proses yang harus dilewati? Baca selengkapnya dalam artikel mediaproperti.net tentang “apa itu tender” berikut ini!

Apa itu tender?

Pengertian Apa itu Tender ? Persyaratan dan Tips Sukses !

Penjelasan awal sebelum menggali lebih jauh tentang mengenali tahapan tender, hal yang perlu di ketahui lebih dulu adalah definisinya. Dalam arti bahasa, tender adalah kata yang merujuk pada proses tawaran atau pengajuan harga, memborong, atau menyediakan barang.

Kebanyakan proses tender di awalai dengan perbuatan kerjasama yang melibatkan antara perusahaan penyelenggara dan beberapa perusahaan penawar (vendor). Di Indonesia sendiri kerja sama melalui tender adalah hal yang umum dilakukan mulai dari perusahaan swasta hingga pemerintah sekalipun.

Dengan demikian, pengertian tender adalah kegiatan bisnis yang secara resmi diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres). Upaya ini juga demi mendukung tender sebagai keputusan yang adil dan transparan. Jika Anda meninjau PERPRES No. 12 Tahun 2021 maka ada beberapa hal yang diatur seperti:

  • Definisi tender adalah metode pemilihan untuk mendapatkan Penyedia Barang/ Pekerjaan Konstruksi/ Jasa Lainnya
  • Tujuan Pengadaan Barang/ Jasa yaitu:
  1. Menghasilkan barang/ jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, kuantitas, waktu, biaya, lokasi, dan Penyedia
  2. Meningkatkan penggunaan produk dalam negeri
  3. Meningkatkan peran serta Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi
  4. Meningkatkan peran Pelaku Usaha Nasional
  5. Mendukung pelaksanaan penelitian dan pemanfaatan barang/ jasa hasil penelitian
  6. Meningkatkan keikutsertaan industri kreatif
  7. Mewujudkan pemerataan ekonomi dan memberikan perluasan kesempatan berusaha
  8. Meningkatkan Pengadaan Berkelanjutan

Apa Fungsi Tender ?

Menang tender merupakan sebuah pencapaian yang bagus bagi suatu perusahaan. Sebab, karena contoh tender biasa dilibatkan dalam proyek besar perusahaan. Maka dengan menang tender artinya ada kesempatan untuk menaikkan value dan reputasi perusahaan. Artinya jika nanti akan mengikuti proses pengadaan barang / tender lagi, beberapa portofolio yang pernah anda menangkan dalam tender bisa di lampirkan pada proposal pengajuan.

Tidak hanya itu, ada berbagai fungsi tender lainnya yang bisa mendatangkan keuntungan bagi pihak yang terlibat. Simak di bawah ini penjelasan berikut tentang apa fungsi tender.

  1. Meningkatkan keefektifan penyelenggara dalam mencari penawaran terbaik untuk barang atau jasa yang mereka butuhkan
  2. Meminimalisir terjadinya risiko bisnis berupa penipuan di tengah kerjasama, sebab tender adalah kegiatan bisnis yang sifatnya harus transparan dan terbuka
  3. Penyelenggara mendapatkan penawaran terbaik dengan harga yang bersaing
  4. Vendor dan penyelenggara sama-sama mengalami peningkatan omset
  5. Mempengaruhi secara positif terhadap track record vendor
  6. Sebagai jaminan baik bisnis di masa depan, sebab penyelenggara cenderung akan bekerjasama dengan vendor yang mereka sukai dalam jangka waktu yang lama
  7. Menambah relasi di tengah pasar yang kompetitif

Perbedaan tender dan lelang

Tender dan lelang merupakan salah satu strategi bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan proyek besar dari pihak penyelenggara yang umumnya dilakukan oleh pemerintahan.

Namun, mungkin bagi sebagian orang pengertian tender adalah sesuatu yang rancu dengan arti lelang. Karena memang secara garis besar keduanya melibatkan penawaran oleh vendor pada penyelenggara.

Secara general, lelang adalah penjualan suatu barang secara terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis atau lisan untuk mendapatkan harga tertinggi dan dipimpin oleh pejabat lelang.

Sedangkan seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau tender adalah aktivitas menjual barang atau jasa yang melibatkan penyelenggara lelang atau tender dan diikuti oleh vendor atau penyedia yang akan saling bersaing harga penawaran satu sama lain.

Namun perlu digarisbawahi, terhitung sejak saat ini pemerintah memutuskan keduanya antara lelang dan tender sebagai fenomena yang sama lewat regulasi Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Persyaratan Tender yang Harus Dipenuhi Vendor

Seperti merujuk dari laman resmi lpse, berikut beberapa persyaratan yang wajib di penuhi oleh para calon penyedia yang ingin mengikuti tender di pemerintahan.

Pihak penyedia diharuskan untuk mengikuti syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan agar proses seleksi oleh pokja pemilihan atau pemberi tender dapat berjalan dengan lancar.

Lalu, apa saja persyaratan mengikuti tender untuk calon penyedia/ vendor?

  1. Legalitas perusahaan dapat dibuktikan dengan Akta Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan dokumen kualifikasi yang lain yang diminta.
  2. Mencari informasi pengadaan yang tersedia di portal e-procurement milik pemerintah daerah, atau datang ke lembaga/instansi yang bersangkutan seperti Eproc.
  3. Penawaran harga dan barang atau jasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti garansi dan memberikan penawaran dengan kualitas terbaik.
  4. Teliti saat mengisi dokumen penawaran dengan memperhatikan penjelasan yang diberikan dan jangan merubah deskripsi dalam dokumen tersebut.
  5. Jika kamu menang tender, kamu diharuskan untuk memberikan barang atau jasa yang sesuai dengan spesifikasi, tipe, jenis dan jumlah volume yang sesuai dengan dokumen penawaran yang telah dibuat sebelumnya.

Tahapan dalam Vendor

Selanjutnya, poin paling penting dari penjelasan tender adalah tahapan/langkah yang harus dilalui. Langkah ini penting demi kelangsungan kesepakatan melalui tender secara sesuai dengan prosedur dan hukum yang berlaku. Tahapan dalam tender adalah sebagai berikut.

  1. Penyelenggara mengirim dan vendor menerima undangan mengikuti tender
  2. Proses pemberitahuan terbuka tentang penilaian dan persyaratan selama proses tender berlangsung
  3. Vendor mengajukan proposal sesuai ketentuan
  4. Menjelaskan penawaran langsung di hadapan penyelenggara jika vendor menerima undangan untuk presentasi proposal
  5. Pengumuman hasil vendor yang lolos tahap presentasi
  6. Penyelenggara memilih dan menetapkan siapa vendor yang menang tender

Tips Sukses Agar Menang Tender

Supaya Anda dapat menjalankan proses tahapan Tender dengan sebaik mungkin, supaya menang tender yang harus dilakukan adalah dengan menyusun strategi yang tepat seperti berikut ini :

1. Dapatkan Informasi dari Tender Pemerintah Sedetail Mungkin

Dengan mencari informasi terlebih dahulu mengenai target tender yang di incar, maka Informasi yang sangat bermanfaat ini nantinya bisa Anda gunakan untuk mengajukan penawaran yang tepat dan pantas. Dengan Anda mengetahui informasi tentang tender ini secara detail, Anda akan berpeluang besar mematangkan proposal Anda hingga memenangkan persaingan.

2. Penuhi Kualifikasi atau Persyaratan yang Diajukan

Pada proses kualifikasi, peserta tender diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen pendukung atas kompetensi perusahaannya. Bila tahap ini tak dapat dilewati peserta tender, jangan harap dapat menembus proyek tersebut.

3. Metode Pelelangan

Setelah tahap kualifikasi, tahap berikutnya yang harus Anda lewati adalah tahap utama yaitu proses lelang. Pada proses lelang ini ada satu hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa sukses melewatinya. Hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama itu yaitu metode pengadaan.

Metode ini sendiri merupakan metode yang digunakan dan dilakukan oleh panitia tender untuk memilah perusahaan mana yang lain untuk dipilih berdasar pada syarat dan ketentuan pada informasi lelang. Dari sinilah akan ada eliminasi (penyisihan). Agar Anda tidak ikut tersisih, maka Anda harus benar-benar memahami proses lelang yang ada dengan baik.

4. Bank Garansi Sebagai Jaminan Penawaran

Metode pelelangan akan berhubungan dengan pembuatan surat penawaran yang ditujukan kepada pelaksana lelang. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat atau jaminan penawaran adalah masa berlaku jaminan penawaran, nama perusahaan yang dijamin, hingga besaran nilai jaminan.

Pada sistem kerja seperti pelelangan, jaminan penawaran akan dibuat dalam bentuk Bank garansi (Bank Guarantee) dan diterbitkan oleh bank untuk diberikan kepada pihak penerima jaminan.

Jaminan itu dipegang sebagai antisipasi apabila pihak yang dijamin tidak bisa memenuhi kewajiban untuk membayar uang berdasarkan kesepakatan atau kontrak kerja.

Hal tersebut juga dapat diterapkan saat melakukan rencana bisnis. Sebagai pebisnis, Anda mungkin memiliki banyak proyek yang pelaksanaannya membutuhkan pihak lain.

Topik

Baca Juga ‼️

Daftar Harga Baja Ringan Per Batang Terbaru Paling Lengkap

               Harga Baja Ringan Per Batang

June 15, 2022 | 12:55 pm
√ Daftar Harga Kaca Per Meter Bergbagai Ukuran dan Jenis Terbaru   ‼

               Harga Kaca Per Meter

June 15, 2022 | 11:21 am
Daftar Harga Aluminium Batangan Terbaru dan Terlengkap

               Harga Aluminium Batangan Terbaru dan Terlengkap

June 15, 2022 | 1:49 am
Daftar Harga Atap Genteng sirap atau kayu besi/Ulin

               Daftar Harga Atap Genteng sirap atau kayu besi/Ulin

June 12, 2022 | 10:26 am
Daftar Harga Genteng Keramik Berbagai Merek Terlengkap dan Terbaru

               Daftar Harga Genteng Keramik

June 11, 2022 | 2:51 pm
Daftar Harga Genteng Tanah Liat Segala Merek Terlengkap dan Terbaru

               Daftar Harga Genteng Tanah Liat

June 11, 2022 | 7:59 am