Cara Menghemat Listrik di Rumah, Efektif Kurangi Tagihan!

Cara Menghemat Listrik di Rumah, Efektif Kurangi Tagihan!

Ingin tahu tips cara menghemat listrik di rumah Anda? Listrik tidak lepas dari aktivitas rutin pemilik rumah. Seringkali konsumsi listrik rumah tidak dibatasi, sehingga tagihan bertambah. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada lifehack berupa cara menghemat listrik di rumah yang mudah untuk diterapkan.

Menerapkan cara-cara hemat listrik dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan memberikan banyak manfaat, baik dari segi biaya rendah yang akan Anda keluarkan maupun kesehatan bumi.

Cara Menghemat Listrik di Rumah yang Efektif

Cara Menghemat Listrik di Rumah, Efektif Kurangi Tagihan!

Bagaimana cara menghemat listrik di rumah? Jangan terkecoh, inilah 10 cara menghemat listrik di rumah Anda, dari hal sederhana yang bisa Anda lakukan bersama keluarga secara rutin.

1. Mengganti lampu lama anda dengan menggunakan lampu LED

Cara pertama untuk menghemat listrik adalah dengan mengganti lampu penerangan rumah Anda dengan lampu LED. Lampu LED memiliki daya yang jauh lebih rendah dibandingkan lampu konvensional. Lampu LED mahal. Namun, dengan daya yang jauh lebih sedikit, Anda akan menghemat lebih banyak dalam jangka panjang.

Secara keseluruhan, lampu LED 7 watt memiliki keluaran cahaya yang sama dengan lampu pijar 60 watt biasa. Dengan perbedaan nilai daya yang cukup signifikan, Anda dapat mengurangi tagihan listrik Anda secara signifikan.

2. Maksimalkan udara keluar jendela

Dengan memaksimalkan aliran udara melalui jendela, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat listrik. Kenapa begitu? Berkat udara luar, Anda tidak perlu terlalu sering menyalakan AC atau kipas angin. Selain itu, udara segar yang masuk ke interior akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman.

3. Matikan lampu dari pagi hingga sore

Menggunakan sinar matahari dari pagi hingga sore hari bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan tagihan listrik rumah Anda. Sayangnya, beberapa orang tidak menghargainya. Padahal, jika dilakukan secara rutin, salah satu cara menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari akan berdampak positif baik bagi lingkungan maupun dari segi biaya untuk konsumsi energi.

Sinar matahari alami dapat menggantikan siang hari. Sinar matahari akan masuk melalui celah dan jendela rumah. Untuk memberikan dampak yang lebih besar, perhatikan jenis jendela yang Anda pilih saat membangun rumah Anda.

Baca juga: Ini Loh Rumus Cara Menghitung Biaya Listrik Dalam Sebulan

4. Cabut soket semalaman

Tanpa disadari, listrik terus mengalir selama perangkat elektronik masih dicolokkan ke stopkontak, meskipun dimatikan. Dengan demikian, listrik akan terbuang percuma. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghemat listrik adalah dengan memutuskan peralatan tidak terpakai yang selalu dicolokkan ke stopkontak.

5. Beralih ke pengisian cepat

Semakin canggih teknologi mendukung terciptanya pengisian cepat. Meski dayanya lebih tinggi dari charger biasa, pengisian cepat bisa menjadi alternatif untuk menghemat listrik. Berkat pengisian cepat, Anda tidak perlu meninggalkan perangkat elektronik yang terhubung ke catu daya untuk waktu yang lama.

6. Memilih laptop untuk bekerja

Apakah Anda menghabiskan banyak uang karena harus selalu menyalakan komputer saat WFH? Solusinya adalah dengan beralih ke perangkat laptop. PC memiliki kinerja yang lebih baik dari laptop, namun untuk kebutuhan seperti Word, Excel, melihat atau streaming video, perangkat ini ditemukan tidak kalah dari PC. Komputer membutuhkan daya 300 watt, sedangkan laptop hanya membutuhkan sekitar 180 watt.

7. Hindari dispenser air listrik

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak tahu bahwa dispenser air listrik bisa lebih kuat daripada AC dan lemari es. Tagihan listrik dapat diturunkan dengan menggunakan dispenser manual. Untuk air panas, Anda bisa merebus airnya, dan jika Anda suka air dingin, kulkas juga bisa mendinginkan airnya.

8. Matikan TV jika tidak digunakan

Tahukah Anda bahwa TV yang tetap menyala dapat menggunakan daya hingga 5 watt? Oleh karena itu, mematikan TV saat tidak digunakan merupakan cara yang sangat berpengaruh untuk menghemat listrik. Lebih baik lagi jika Anda mencabut colokan TV saat tidak dinyalakan untuk memutus aliran listrik.

9. Siapkan lemari es untuk menghemat energi

Cara lain untuk menghemat listrik adalah dengan mengatur penggunaan lemari es Anda dengan bijak. Kulkas memiliki fungsi menjaga kestabilan suhu. Dengan itu, jika Anda membukanya terlalu sering, konsumsi energi akan meningkat, karena lemari es harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang stabil. Isolasi karet yang longgar, makanan panas dan terlalu dekat dengan dinding dapat meningkatkan daya listrik lemari es.

10. Mencuci banyak pakaian sekaligus

Mesin cuci memiliki konsumsi daya yang cukup besar, 250 watt untuk mencuci/ membilas dan 150 watt untuk menjemur pakaian. Untuk menggunakan mesin cuci yang hemat dan hemat energi, Anda bisa menjadwalkan jadwal mencuci yang sesuai. Misalnya, jika mesin cuci Anda dapat diisi dengan pakaian kotor selama 5 hari, Anda hanya perlu mencuci pakaian setiap 5 hari sekali.

Tips cara menghemat token listrik

Jika Anda menggunakan token listrik, jangan lewatkan dua tips berikut tentang cara menghemat listrik untuk mengurangi intensitas pulsa overcharge.

1. Gunakan kode rahasia untuk meteran listrik

Tahukah Anda bahwa Anda dapat melakukan peretasan kecil pada meteran listrik prabayar? Anda tidak akan mendapatkan token listrik gratis, tetapi beberapa fitur kode rahasia ini dapat membantu Anda memeriksa penggunaan listrik Anda. Kode-kode ini adalah rahasia umum dan semuanya dapat ditemukan di Google.

2. Gunakan listrik Anda dengan bijak

Mungkin Anda pernah mendengar tentang cara menghemat listrik dengan kapasitor. Ini hanya mitos, yang paling benar adalah penggunaan listrik secara bijak.

Apabila Anda menyalakan AC seharian, sudah pasti token listrik Anda akan cepat habis. Beberapa cara menghemat energi listrik yang ada di atas harus diterapkan. Kebiasaan-kebiasaan menggunakan listrik yang bijak tersebut adalah cara menghemat listrik token yang baik.

Baca juga : Daftar Harga / Biaya Pasang Listrik PLN dan Cara Daftar Terbaru

Selain melakukan berbagai cara untuk menghemat listrik dengan mudah seperti di atas, Anda juga perlu mempersiapkan hal-hal lain untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga terkait penggunaan listrik sehari-hari, seperti tagihan listrik yang dapat meningkat seiring dengan peningkatan konsumsi listrik.

Ada banyak cara untuk membuat prediksi, salah satunya dengan menyediakan dana darurat. Anda bisa menyisihkan sebagian dana Anda khusus untuk dana darurat, atau menggunakan dana yang biasa Anda sisihkan. Hal ini harus Anda lakukan agar selalu siap, terutama dalam hal keuangan, ketika kebutuhan Anda meningkat atau hal-hal tak terduga lainnya muncul di kemudian hari. Semoga artikel di atas dari mediaproperti.net dapat bermanfaat ya!

mediaproperti

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menghemat Listrik di Rumah, Efektif Kurangi Tagihan! yang dipublish pada June 9, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

Leave a Comment