Cara Minum CDR untuk Ibu Hamil, Apakah Boleh ?

Cara Minum CDR untuk Ibu Hamil, Apakah Boleh ?

cara minum cdr untuk ibu hamil, bagaimana caranya? Apakah Ibu yang sedang Hamil diperbolehkan untuk mengkonsumsi multivitamin CDR ini? Yuk simak artikel ini untuk mengetahui problem yang Anda temui agar tercerahkan masalahnya.

Minuman Multivitamin CDR atau Calcium D Redoxon merupakan suplementasi kalsium yang didalamnya mengandung vitamin C, D, dan B6 yang dijual secara bebas.

Apakah Boleh CDR untuk Ibu Hamil?

Cara Minum CDR untuk Ibu Hamil, Apakah Boleh ?

Seperti yang diketahui, kebutuhan kalsium itu sangat penting sekali untuk tulang. Karena dengan kalsium tulang akan terhindar dari beberapa masalah yang kerap di jumpai pada tulang seperti osteoporosis.

Sehingga manfaat CDR ini adalah membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa. Manfaat ini juga dapat digunakan oleh ibu yang sedang hamil dan menyusui juga.

CDR tersedia dalam berbagai macam rasa, yaitu jeruk dan fruit punch. CDR untuk ibu hamil direkomendasikan karena memiliki kebutuhan kalsium meningkat selama masa kehamilan.

Nah karena sudah mengetahui boleh tidaknya CDR untuk ibu hamil. Anda harus paham betul takaran atau dosis yang diperbolehkan dalam mengkonsumsi sehari-hari. Di bawah ini nanti akan di jelaskan tentang CDR untuk ibu Hamil.

Pentingnya CDR untuk Ibu Hamil

Kalsium sangat di butuhkan bahkan sangat penting untuk kesehatan tulang-tulang, sehingga perannya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium dapat diperoleh dari apa yang kita konsumsi seperti dari makanan dan minuman.

Anda sebagai perempuan juga harus paham, osteoporosis ini sering di jumpai pada perempuan. Sehingga kerentanan agar terminimalisir, maka kebutuhan kalsium pada perempuan harus benar-benar di perhatikan.

Maka dari itu, untuk mencegahnya dalam memenuhi kebutuhan kalsium. Di sinilah peran minuman CDR sebagai fungsi untuk mencukupi kalsium untuk ibu Hamil.

Pada masing-masing usia pada perempuan, kebutuhan kalsium berbeda. Untuk usia 19-29 tahun, kebutuhan kalsium pada perempuan usia tersebut sekitar 1.100 mg.

Sedangkan untuk perempuan dengan usia 30 ke atas, membutuhkan kalsium sebesar 1000 mg perhari.

Pada masa-masa kehamilan kebutuhan kalsium sangat meningkat sampai saat menyusui anak. Dengan demikian CDR memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan tersebut selama masa-masa itu. Kebutuhan kalsium pada masa itu mencapai 1.200-1.300 mg perhari.

Cara Minum CDR untuk Ibu Hamil

Kandungan CDR dalam 1 tablet larus air bagi yang belum mengetahui yaitu 250 mg kalsium, 625 mg kalsium karbonat, dan 1.000 mg vitamin C (asam askorbat), 300 IU vitamin D, dan vitamin B6 (piridoksin) 15.

Dengan kandungan di atas yang bisa anda ketahui, maka kebutuhan ibu hamil dalam konsumsi CDR dalam sehari adalah cukup 1 tablet saja. Mengingat kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi.

CDR untuk ibu hamil dapat diminum sampai masa menyusui.

Secara umum, CDR untuk ibu hamil itu aman untuk dikonsumsi, termasuk bagi Moms yang memiliki asam lambung yang rendah. Sebab, mengonsumsi suplemen kalsium saat makan dapat membantu penyerapan kalsium yang lebih baik.

Namun, penting dipahami bahwa apabila Mos pernah atau sedang mengidap infeksi saluran kemih, gangguan kelenjar paratiroid, jantung, kanker, gangguan ginjal, sebaiknya perlu bertanya pada dokter terlebih dulu.

Pengonsumsian CDR untuk ibu hamil pada beberapa kondisi medis tertentu memang harus lebih berhati-hati.

CDR dapat di gunakan sebagai Kalsium Tambahan saat Hamil

Pada saat kondisi ibu sedang hamil, kebutuhan kalsium yang sangat tinggi menjadikan Anda untuk berpikir lebih lagi. Karena demi menjaga kesehatan baik di sendiri dan kandungannya.

Pada saat hamil peran penting kalsium yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan keberlangsungnya perkembangan tulang pada calon bayi yang ada di dalam perut Anda.

Manfaat Kalsium

  1. Berperan dalam perkembangan tulang
  2. Berperan dalam kesehatan dan pertumbuhan gigi
  3. Memenuhi kebutuhan otot, hati, saraf dan perkembangan detak jantung

Karena ibu dalam kondisi hamil membutuhkan kalsium tambahan selain dari konsumsi makanan setiap hari yang kaya dengan kalsium, Anda juga dapat menggunakan CDR sebagai sumber kalsium tambahan.

Namun harus di sertai dengan dosis yang tepat. Agar tidak merasa kekurangan bahkan kelebihan kalsium. Karena kondisi tersebut memiliki efek negatif pada tubuh manusia.

Apabila merasa kelebihan kalsium dapat mengakibatkan kesulitan menyerap mineral lain, seperti besi dan zinc.

Sedangkan ciri-ciri kondisi detak jantung yang tidak teratur dan kadar kalsium rendah pada tubuh bayi juga bisa menjadi dampak lainnya. Maka dari itu harus sesuai dosisnya. Berapa tadi? Tolong di simak lagi ya dosis CDR untuk ibu hamil adalah 1 tablet perhari.

Sumber Kalsium yang penting untuk ibu Hamil

Tidak hanya mengandalkan CDR saja, apabila dalam kondisi tertentu tidak dapat memiliki CDR, Anda dapat mendapatkan sumber kalsium dari beberapa makanan dan minuman yang memiliki kandungan kalsium yang penting bagi tubuh Anda.

Beberapa sumber kalsium pada makanan dan minuman di antaranya adalah :

  1. Minuman Susu
Minuman Susu untuk orang hamil

Susu dan juga produk olahan dari susu seperti Yoghurt dan keju juga terdapat kandungan kalsium cukup tinggi loh.

Dengan mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut, anda dapat memperoleh Kalsium yang bagus untuk tubuh Anda saat Hamil.

Namun hal tersebut wajib di telaah juga, apakah Anda alergi dengan susu murnia atau tidak, misalkan alergi maka jangan di paksakan untuk meminum susu.

Pada 1 gelas susu kandungan kalsium yang didapatkan sebanyak 300 mg kalsium. Sedangkan yoghurt sebanyak secangkir memiliki kandungan kalsium sebanyak 450 mg.

Atau Anda juga dapat minum susu yang sudah di desain untuk ibu yang sedang hamil dalam mendapatkan sumber kalsium.

  1. Polong polongan atau kacang panjang
Polong polongan atau kacang panjang

Asupan kalsium berikutnya untuk ibu hamil, yaitu polong-polongan.

Jenis kacang ini kaya serat, protein, dan mikronutrien. Kacang-kacangan ini juga mengandung banyak zat besi, seng, folat, magnesium, dan kalium.

Beberapa varietas memiliki jumlah kalsium yang cukup tinggi, sehingga polong-polongan dapat menjadi makanan berkalsium tinggi.

Namun, kecipir berada di urutan teratas. Satu cangkir atau setara dengan 172 gram kacang kecipir matang memiliki 244 mg kalsium hingga mencukupi 24% RDI.

Kacang putih juga menjadi sumber kalsium yang baik, dengan satu cangkir (179 gram) kacang putih matang menyediakan 13% RDI.

Menariknya, buncis dianggap sebagai salah satu alasan mengapa pola makan kaya nabati begitu sehat.

  1. Ikan Sarden
Ikan Sarden untuk ibu hamil

Selain kedua di atas, ikan sarden atau ikan salmon yang berada pada kemasan kalengan tersebut juga memiliki kandungan kalsium cukup tinggi.

Kandungannya adalah 92 gram sarden kalengan mengandung 35% dari RDI, dan 3 ons (85 gram) salmon kalengan dengan tulang mengandung 21% RDI.

Ikan berminyak ini juga menyediakan protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung, otak, dan kulit Moms.

Bahaya kekurangan Kalsium pada ibu Hamil

Dilansir dari jurnal Hypocalcemia in Pregnancy: A Clinical Review Update, berikut ini dampak yang terjadi pada ibu hamil saat tidak mengonsumsi cukup makanan berkalsium tinggi atau suplemen CDR untuk ibu hamil.

  1. Dapat menyebabkan tekanan darah tinggi selama kehamilan.
  2. Bayi lahir prematur.
  3. Berat badan lahir rendah.
  4. Pertumbuhan bayi yang lambat.
  5. Si Kecil tidak mendapatkan cukup kalsium di tulang.
  6. Masalah jantung pada bayi.
  7. Kram otot dan kaki.
  8. Nafsu makan yang buruk.

Itulah pentingnya CDR untuk ibu hamil. Jadi, mulai sekarang lebih memahami tentang pentingnya kalsium selama masa kehamilan dan mengetahui sumber kalsium terbaik untuk Anda.

Untuk mencegah kekurangan kalsium, siapkan CDR untuk ibu hamil di rumah ya.

mediaproperti

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Minum CDR untuk Ibu Hamil, Apakah Boleh ? yang dipublish pada August 3, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

Leave a Comment