Cara Reset Laptop Windows 7

Cara Reset Laptop Windows 7

Cara Reset Laptop Windows 7 – Terjebak di layar pemuatan Windows 7 dan tidak pernah bisa melewatinya? Reboot tidak berguna? Di sini kami daftar beberapa solusi untuk Windows 7 hang pada logo startup untuk Anda coba.

22 Oktober 2009 menandai hampir 10 tahun sejak rilis Windows 7. Meskipun Microsoft telah secara resmi mengumumkan akan mengakhiri dukungan untuk Windows 7 pada 14 Januari 2020, banyak pengguna yang berkomitmen untuk menggunakan Windows 7.

Cara Reset Laptop Windows 7

Alasannya adalah karena Windows 7 bekerja dengan stabil dan mudah dioperasikan. Yang terpenting, pengguna terbiasa menangani Windows 7.

How To Enter Bios Setup On Windows Pcs < Tech Takes

Meskipun Windows 7 masih sangat populer, ini bukanlah sistem yang 100% sempurna. Pengguna sering menghadapi berbagai masalah selama operasi seperti macet di layar pemuatan Windows 7, Windows tidak dapat memformat kode kesalahan partisi 0x80070057, partisi tidak dapat diakses di Windows dan sebagainya.

Karena kita telah membahas dua situasi terakhir, hari ini kita akan berbicara tentang yang pertama: mengapa Windows 7 macet di layar pemuatan dan bagaimana cara memperbaikinya.

Hal yang paling membuat frustrasi adalah ketika Anda memulai Windows 7, logo tersebut membeku di logo startup dan waktunya bervariasi dari menit ke jam tergantung pada mengapa Windows tidak dapat memulai dengan benar.

Dalam situasi ini, Anda dapat mengesampingkannya dan melakukan sesuatu yang lain, itu akan membeku di sana ketika Anda kembali; Atau Anda dapat mematikan komputer dan memaksa Windows 7 untuk memulai ulang, menyebabkan Windows 7 membeku saat startup berulang kali.

Cara Reset Laptop Asus Ke Setelan Pabrik (factory Reset) » Zencreator

Situasi ini tidak jarang dan Anda tidak sendirian dalam kemarahan Anda. Banyak pengguna Windows 7 memiliki pengalaman yang sama.

Kemarin saya duduk di depan komputer saya dan bangun ke layar memuat Windows. Saya tidak tahu mengapa itu berhenti tetapi sekarang setiap kali saya mencoba memulainya, itu tetap di layar pemuatan. Seseorang tolong bantu! Perangkat Keras Tom

Jadi, inilah pertanyaannya: Apa yang harus Anda lakukan ketika Windows 7 macet di layar pemuatan? Kami percaya bahwa ada banyak tips di internet untuk mengatasi masalah ini, tetapi Anda tidak tahu apakah itu dapat diandalkan atau tidak. Dengan mengingat hal ini, kami telah memfilter solusi yang mungkin untuk disarankan kepada pengguna.

Catatan: Beberapa metode yang tercantum di sini mungkin tidak membantu Anda memecahkan masalah, tetapi mungkin sangat berguna bagi pengguna lain. Jadi silakan terus mencobanya satu per satu dan semoga Anda mendapatkan yang terbaik.

How To Disable Windows Automatic Restart On System Failure

Mulai Windows dalam Safe Mode dan kemudian restart komputer Anda secara normal. Ya, Anda membacanya dengan benar, mulai Windows 7 dalam mode aman dan mulai ulang komputer Anda tanpa melakukan apa pun dalam mode aman.

Alasan untuk melakukannya terkadang adalah pembaruan Windows atau sesuatu yang hang. Dalam hal ini, restart paksa tidak akan menyelesaikan pekerjaan. Tetapi jika Anda mencoba dari mode aman, terkadang keajaiban terjadi.

Anda dapat mencoba memperbaiki sistem dengan CD instalasi Windows 7: Tekan Shift+F10 untuk membuka jendela Command Prompt. Di jendela Command Prompt, jalankan bootrec.exe. Ini harus membantu.

Atau bisa juga: Masukkan CD instalasi Windows. Ini kemudian akan memuat driver dan layar akan muncul untuk menginstal Windows. Tetapi di sudut kiri bawah Anda dapat melihat opsi Perbaiki komputer Anda. Klik pada opsi itu dan itu akan menyelesaikan masalah.

Top 3 Ways For Windows 7 Admin Password Reset Without Reset Disk

Jika Anda membuat cadangan sistem lengkap setiap hari, segalanya akan jauh lebih mudah. Anda dapat mengembalikan sistem ke waktu kerja.

Langkah 1. Mulai Windows 7 secara normal. Sebelum Anda melihat logo Windows, tekan F8 pada keyboard Anda. Kemudian Anda dapat melihat berbagai opsi boot lanjutan.

Langkah 3. Jika Anda diminta untuk memilih keyboard, klik OK. Jika Anda diminta untuk memilih akun, pilih akun Anda dan klik OK. Jika Anda telah menetapkan kata sandi untuk akun Windows Anda, masukkan juga kata sandinya. Kemudian Anda dapat melihat opsi pemulihan sistem.

Langkah 5. Di sini Anda dapat melihat semua titik pemulihan Windows yang tersedia. Cobalah yang terbaik untuk memulihkan saat komputer Anda aman dan sehat dan pilih titik pemulihan yang sesuai. Jika Anda tidak melihat semua titik pemulihan, centang Tampilkan titik pemulihan lainnya.

How To Reset A Windows 11 Pc To Factory Settings

Langkah 6. Klik Berikutnya. Ini akan mencoba memulihkan Windows Anda ke titik pemulihan yang Anda pilih. Pemulihan sistem akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan.

Jika Pemulihan Sistem tidak berfungsi atau gagal, ada hal lain yang dapat Anda coba – CHKDSK. Semoga ini membantu.

Langkah 1. Nyalakan komputer Anda dan sebelum Anda melihat logo Windows, tekan cepat tombol F8 pada keyboard Anda. Kemudian Anda dapat melihat berbagai opsi boot lanjutan.

Langkah 3. Jika diminta untuk memilih keyboard, klik OK. Jika diminta untuk memilih akun, pilih akun Anda dan klik OK. Jika Anda memiliki kata sandi untuk akun Windows, Anda harus memasukkannya.

Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart

Langkah 5. Pilih Command Prompt, yang akan meluncurkan Windows Command Prompt. Saat Anda melihat shell perintah hitam, ketik chkdsk /f. Ini akan memindai hard drive Anda untuk mencari kesalahan dan mencoba memperbaiki kesalahan yang terdeteksi. Anda juga dapat mengetik chkdsk /r untuk memindai dan mencoba memperbaiki bad sector. Proses ini mungkin memakan waktu, jadi harap tunggu hingga pemeriksaan disk selesai.

Namun, jika situasi yang sama terjadi, itu berarti ada masalah khusus dengan hard drive. Maka Anda harus berpikir untuk mengubahnya. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, gunakan fitur Copy Disk dari MiniTool Partition Wizard Bootable CD untuk mengkloning hard drive.

Tip: MiniTool Partition Wizard Bootable CD adalah fitur yang disorot yang tersedia di semua versi berbayar dari MiniTool Partition Wizard. Jika Anda tidak memiliki versi berbayar, Anda dapat menekan tombol di bawah ini untuk mendapatkan versi pro dengan harga terbaik.

Silakan pilih Bootable Media di toolbar dan ikuti Cara Membuat Bootable Partition Manager untuk membuat CD/DVD bootable atau USB flash drive. Atur komputer untuk boot dari media yang dapat di-boot di BIOS. Setelah itu, salin seluruh disk ke yang lain. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan data apa pun pada disk asli jika terjadi sesuatu yang buruk.

Cara Reset Windows 7 Untuk Mengatasi Laptop Lemot

Langkah 1: Di antarmuka utama MiniTool Partition Wizard, klik kanan disk sistem Windows 7 untuk mengkloning dan pilih Salin Disk.

Langkah 2: Pilih disk target untuk menempatkan semua konten disk sumber. Ingatlah bahwa semua data pada disk target akan dihapus, jadi pastikan drive ini dibersihkan atau dicadangkan terlebih dahulu.

Langkah 3: Pilih opsi Salin di sini. Anda dapat mempertahankan ukuran partisi asli, mempertahankan rasio ukuran partisi, atau menyesuaikan ukuran partisi setiap partisi. Selanjutnya, berikut adalah dua opsi untuk Anda:

Langkah 4: Buka pesan berikutnya yang memberi tahu Anda cara mem-boot dari disk target hingga Anda kembali ke antarmuka utama. Terakhir, klik “Terapkan” untuk menerapkan perubahan ini.

Tia Portal V13 Instalation Issue, After Initializing Nothing Happened

Dengan salinan disk ini, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data karena Windows 7 macet di layar pemuatan atau masalah lainnya.

Ini terdiri dari dua komponen, baterai CMOS dan CMOS. CMOS adalah chip flash paralel atau serial baca/tulis pada motherboard, dan digunakan untuk menyimpan konfigurasi perangkat keras dan pengaturan pengguna.

Untuk menghapus CMOS, kosongkan memori BIOS pada motherboard Anda. Dan cara termudah adalah dengan melepas baterai CMOS selama beberapa menit. Ini akan mengatur ulang pengaturan BIOS ke tingkat default pabrik. Kesalahan konfigurasi BIOS dapat menyebabkan Windows membeku saat startup.

Baterai CMOS yang dibiarkan tidak terisi untuk waktu yang lama pasti dapat menyebabkan Windows 7 membeku saat startup. Ganti baterai CMOS jika komputer Anda berusia lebih dari dua atau tiga tahun atau jika Anda telah menyimpan komputer untuk waktu yang lama.

How To Uninstall Windows 11 And Roll Back To Windows 10

Mungkin ada masalah dengan RAM sistem Anda. Terkadang, jika memori komputer Anda buruk atau slot memori pada motherboard komputer buruk, Windows 7 mungkin membeku saat startup, tetapi ini jarang terjadi.

Coba ganti memori komputer Anda atau instal ulang memori komputer. Setelah itu, restart komputer dalam mode aman. Dalam Safe Mode, tekan tombol Win + R untuk menjalankan MSCONFIG dan tekan OK. Di sini silahkan pilih opsi Clean Boot dengan memilih semua opsi di bawah Selective Startup. Terakhir, tekan Apply dan restart Windows 7 dalam mode normal.

Dalam kasus yang jarang terjadi, logo startup Windows 7 hang dapat disebabkan oleh driver kartu video Anda yang rusak. Coba boot ke mode aman dan hapus. Setelah itu, instal ulang driver kartu video. Sekarang restart Windows 7 dan lihat apakah Anda dapat boot ke mode normal.

Pindai komputer Anda dari virus dalam mode aman. Virus atau jenis malware lainnya dapat menyebabkan masalah serius pada Windows, mencegahnya memulai dengan benar. Karena sebagian besar virus dan malware tidak dimuat dalam Safe Mode, ini memberi Anda Windows 7 yang bersih.

Cara Mudah Reset Password Windows 10

Tip: Jika Anda tidak dapat masuk ke mode aman, Anda masih dapat memindai

Risma Arnitasari

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Reset Laptop Windows 7 yang dipublish pada September 24, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

Leave a Comment