Daftar Harga Genteng Tanah Liat

Daftar Harga Genteng Tanah Liat

Rumah tinggal adalah rumah dengan struktur yang kokoh dan tampilan yang menarik. Namun yang lebih penting, sebuah rumah juga harus mampu melindungi penghuninya dari panasnya sinar matahari dan hujan. Di sinilah peran genteng sebagai atap rumah. Dibandingkan dengan jenis atap lainnya, seperti asbes atau seng, genteng memiliki beberapa keunggulan yang sulit untuk ditandingi. Misalnya terkait dengan kekuatan dan kemampuannya menyerap panas. Saat ini jenis ubin juga semakin beragam. Namun sebelum Anda membeli genteng, Anda tentu perlu mengetahui daftar harga genteng tanah liat terbaru.

Selain itu, atap merupakan bagian penting dari rumah karena melindungi dari sinar matahari dan hujan. Ada banyak cara untuk membuat atap rumah. Salah satunya adalah penggunaan genteng . Genteng terbuat dari berbagai bahan. Salah satunya adalah tanah liat. Genteng tanah liat sering dijumpai, bahkan hampir setiap rumah menggunakan genteng tanah liat sebagai atap rumahnya. Pada artikel ini, kita akan membahas genteng tanah liat secara rinci dan beberapa tip tentang cara menggunakannya. Pembahasan akan dibagi menjadi 6 sesi di artikel dari mediaproperti.net, yaitu:

Daftar Harga Genteng Tanah Liat Segala Merek Terlengkap dan Terbaru
  1. Pengenalan Genteng tanah liat yang paling umum digunakan
  2. Keuntungan dan kerugian ubin tanah liat di gedung apartemen
  3. Tips menggunakan genteng tanah liat untuk membuat rumah Anda terlihat menarik
  • Tutupi piring dengan cat
  • Model atap pelana atau cakram
  • Model atap melengkung
  • Model atap reflektif
  • Model atap ukir
  1. Tips Cara Menghitung Kebutuhan Genting untuk Rumah
  2. Metode Cara Pemasangan Genteng Tanah Liat
  3. Harga genteng tanah liat terbaru

Baca juga : Harga Asbes Terlengkap dan Keunggulannya

Pengenalan Awal Mula Genteng Tanah Liat

Seperti dilansir Wikipedia, Genteng dibuat untuk melindungi penghuni dari hujan. genteng “digantung” pada rangka atap dan diikat dengan paku, model ini biasa di temui pada rumah kuno(Tradisional) atau rumah adat. genteng biasanya digantung secara paralel dengan setiap baris sedikit tumpang tindih dengan yang lain untuk mencegah air hujan masuk ke dalam rumah dan untuk melindungi paku yang menyatukan barisan. Ada juga ubin yang dipasang di tempat khusus di mana bagian atas ubin saling bersentuhan.

Piring ini pertama kali digunakan di Mesopotamia, 4 abad sebelum masehi. Model rumah dari Asia Selatan pada 2600-2200 SM menunjukkan atap datar dan bersaksi tentang genteng . genteng muncul pada awal abad ke-3 SM. di kota Lerna, Yunani. Penemuan genteng paling awal di Yunani kuno didokumentasikan dari daerah yang sangat terpencil di Korintus, di mana genteng menggantikan atap jerami di kuil-kuil yang didedikasikan untuk dewa Apollo dan dewa Poseidon antara 700 dan 650 SM. Hingga saat ini, genteng telah banyak digunakan dengan segala macam bahan produksi seperti tanah liat.

Sebuah genteng tanah liat berukuran 265 mm x 165 mm awalnya muncul di patung pada tahun 1477, pada masa pemerintahan Raja Edward IV. Genteng rangkap dua ini awalnya terbuat dari batu bata, namun kini ada juga yang terbuat dari beton. Warna dibuat dengan menyesuaikan udara di dalam oven menjadi warna seperti merah, coklat atau biru tergantung pada suhu oven. Beberapa genteng masih dibuat dengan cara yang sama sampai sekarang.

Keuntungan dan kerugian Genteng tanah liat untuk Bangunan Rumah

Orang paling sering menggunakan genteng tanah liat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan. Genteng tanah liat masih menjadi primadona masyarakat ketika mereka ingin membeli ubin di toko konstruksi. Ini karena fitur genteng tanah liat. Biasanya Anda akan membeli genteng tanah liat karena harganya yang murah namun kualitasnya cukup bagus.

Jika Anda sedang membangun rumah, Anda harus mempertimbangkan opsi genteng tanah liat. Seperti dilansir Arafuru, genteng tanah liat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan Genteng Tanah LiatKekurangan Genteng Tanah Liat
Ramah lingkunganRentan akan retak
Aman bagi kesehatan penghuniRentan bocor
Harganya relatif murahMudah tertiup angin
Meredam hawa panas dengan baikCukup sulit pemasangannya
Memiliki kemampuan peredaman suara yang baikWarna bisa mengalami perubahan apabila terkena cuaca yang terlalu ekstrim.
Menjaga kelembaban ruangan
Membuat rumah tampak indah dan asri

Tips Mempercantik Genteng Tanah Liat Rumah

Tampilan asli genteng tanah liat tidak terlalu menarik dan sangat monoton. Namun, Anda bisa menambahkan beberapa sentuhan kecil yang bisa menambah keindahan ubin tanah liat jika dilihat secara keseluruhan. Berikut beberapa tips menghias genteng tanah liat dilansir dari Residence Style.

  1. Lapisi Genteng dengan cat

Salah satu kelebihan ubin tanah liat adalah mudah diwarnai. Gunakan alkid sintetis, akrilik stirena, primer seng kromat, resin akrilik, dan pengencer pernis. Pilih warna sesuai selera Anda, maka dalam sekejap rumah Anda akan terlihat unik dan berbeda dari rumah-rumah lain di sekitar Anda.

  1. Model atap pelana atau cakram

Awalnya, model atap pelana hanya bisa ditemukan di gedung bertingkat atau gedung komersial. Namun saat ini, di banyak rumah, model atap pelana juga digunakan.

  1. Model atap melengkung

Bosan dengan model atap dengan ujung yang tajam? Dengan sedikit usaha, Anda dapat membuat atap melengkung yang memungkinkan Anda memiliki lebih banyak ruang untuk bekerja. Jika Anda menginginkan suhu ruangan yang sejuk di musim panas, atap lengkung adalah pilihan yang tepat. Bentuknya yang melengkung membantu mengurangi penyerapan panas ke dalam ruangan.

  1. Model reflektif atap

Model atap reflektif mampu memantulkan kelebihan energi panas matahari yang diterima rumah. Model ini sangat populer di hot spot. Atap reflektif dibangun dengan kemiringan minimal agar pantulan yang dihasilkan maksimal.

  1. Model atap ukir

Sejak atap berperan penting dalam penampilan sebuah rumah, kini mulai banyak ditemukan rumah dengan atap yang memiliki dimensi artistik untuk memberikan tampilan yang unik.

Baca juga : Jenis Atap Rumah yang Tidak Panas Lengkap dengan Harganya Terbaru

Tips Cara Menghitung Kebutuhan Genting untuk Rumah

Banyak penghuni rumah yang masih bingung berapa jumlah ubin 1 meter atau apa kebutuhan rumahnya.

Berikut adalah dua cara untuk menghitung kebutuhan multi-genteng untuk satu rumah:

  1. Perhitungan dari luas atap

Selain mengetahui harga Genteng Jatiwangi, Anda juga perlu mengetahui cara menghitung jumlah genteng yang dibutuhkan.

Misalnya, rumah Anda memiliki luas atap 10m x 6m = 60m2.

Atapnya dua sisi, jadi luas atap rumah = 120m2.

Saat menggunakan ubin Jatiwangi Morando Glazur Transparan isi 25 buah per 1 m2.

Jadi total kebutuhan mendesak adalah:

Total luas atap x total ubin per 1 m2

120 m2 x 25 = 3000 ubin yang dibutuhkan.

  1. Hitung dari panjang dan lebar pondasi rumah

Apabila Panjang rumah = 7 m sedangkan Lebar rumah = 6m, kemudian Selalu tambahkan 1 meter ke panjang dan lebar rumah Anda agar penghitungannya tidak terlalu pas.

Sehingga luas dan lebarnya adalah = 8m x 7m = 56m2.

Kemudian luas total dikalikan dengan 35 genteng (minimum) yang dibutuhkan total:

56m2 x 35 = 1960 genteng.

Jangan lupa tentang teras. Jika luas teras adalah 5 x 4 m = 20 m -> 20 x 35 = 700 buah, jumlah genteng minimal yang dibutuhkan adalah 3150 m2.

Memesan overflow untuk mengisi dan mengantisipasi kebocoran pada hari berikutnya.

Hal ini cukup penting agar Anda tidak perlu bolak-balik ke toko DIY saat terjadi kelangkaan karena bocor dan lain sebagainya.

Metode Cara Pemasangan Genteng Tanah Liat

Cara Pemasangan Genteng Tanah Liat

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti saat meletakkan ubin tanah liat. Proses pemasangan tile ini cukup mudah, dan Anda bisa melakukannya sendiri.

  1. Tahap yang pertama adalah proses pembuatan kuda-kuda dengan susunan rangka batang yang berperan untuk menahan beban atap.
  2. Anda bisa membuat gording dengan membagi bentangan atap pada proyek horizontal ke dalam jarak-jarak yang lebih kecil.
  3. Langkah ketiga yaitu membuat Jurai harus sambungan antara bidang atap yang satu dengan bidang yang lain.
  4. Untuk membuat ikatan kuda-kuda anda harus membuat sebuah balok nok. Proses pekerjaan dalam pembuatan balok harus dilakukan secepat mungkin. Balok nok memiliki ukuran 8/12, 6/12, dlsb.
  5. Anda harus melanjutkan proses pemasangan kuda-kuda pada tempat yang sebelumnya telah direncanakan.
  6. Melakukan pemasangan papan surfing yang terletak pada bagian atas balok nok.
  7. Melakukan proses pemasangan usuk untuk menerima beban yang berasal dari penutup atap dan reng yang akan diteruskan ke gording.
  8. Langkah selanjutnya yaitu membuat tumpuan penutup atap dan meneruskan beban yang diterima ke usuk atau kaos.
  9. Baru langkah terakhir Anda bisa langsung memasang genteng tanah liat menjadi material penutup, di pasang per baris dimulai dari bagian tengah bangunan menuju bagian pinggir. Pastikan bahwa proses pemasangan dari genteng ini dilakukan dengan susunan yang rapi.

Harga Genteng tanah liat terbaru

Salah satu keunggulan genteng tanah liat adalah harganya yang relatif murah dibandingkan dengan genteng lainnya. Pembuatannya yang sederhana dan bahan yang mudah ditemukan membuat harga genteng keramik ramah di kantong. Di bawah ini adalah daftar harga genteng tanah liat yang diberikan di bagian Jual Genteng Murah.

1. Harga Genteng jatiwangi terbaru

No.Produk Genteng JatiwangiHarga Genteng Jatiwangi/ per satuan
1.Wuwung Belah Bambu WarnaRp5.600
2.Wuwung Belah Bambu NaturalRp5.000
3.Genting Palentong NaturalRp3.300
4.Harga Genteng Jatiwangi Morando NaturalRp2.800
5.Harga Genteng Jatiwangi Morando Glazur CokelatRp3.200
6.Harga Genteng Jatiwangi Morano Glazur TransparanRp3.200
7.Harga Genteng Jatiwangi Morano Glazur HitamRp3.500
8.Harga Genting Jatiwangi Morando Glazur BiruRp6.500
9.Genting Jatiwangi PosanoRp3.600
10.Genteng Mantili JumboRp2.000
11.Nok Samping Genting MorandoRp15.000

2. Harga Genteng Tanah Liat Semua Merek

NoMerek Genteng Tanah LiatSatuanHarga (Rp)
1.Genteng Super Gojer/ MorandoBuah2.750
2.Genteng Kodok/ Prentul/ GoodyearBuah1.650
3.Genteng Mintili Jumbo/ TurboBuah1.750
4.Genteng GarudaBuah1.250
5.Genteng PlentongBuah1.150

Demikian pembahasan tentang harga genteng tanah liat. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda, terutama bagi Anda yang sedang membangun rumah dan memilih genteng terbaik untuk atapnya. Pastikan rumah Anda adalah tempat yang paling nyaman untuk Anda dan keluarga.

Tri Wahyu Budi Utomo

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Daftar Harga Genteng Tanah Liat yang dipublish pada June 11, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

2 Comments

  1. […] Baca juga : Daftar Harga Genteng Tanah Liat […]

  2. […] Daftar Harga Genteng Tanah Liat […]

Leave a Comment