Gambar 25+ Inspirasi Desain Rumah Jepang Minimalis Simple dan Mewah

25+ Inspirasi Desain Rumah Jepang Minimalis Simple dan Mewah !

Apakah Anda ingin membuat rumah sejuk dengan nuansa hangat? Maka Anda harus terinspirasi oleh desain rumah Jepang! Keunikan konsep tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang tidak hanya bagi penghuni rumah, tetapi juga bagi para sanak saudara, teman atau tamu yang datang untuk berkunjung.

Budaya asing yang masuk ke Indonesia sangat mempengaruhi masyarakat di berbagai daerah, termasuk gaya arsitektur rumahnya. Di zaman modern ini, desain rumah bergaya Jepang banyak dijadikan pilihan anak muda yang menginginkan kesan rumah yang artistik atau tradisional.

Seperti yang kita semua tahu, Jepang adalah negara yang unik dan indah dalam banyak hal. Sebagai tujuan wisata, Jepang mampu menawarkan budaya yang unik, makanan yang lezat dan alam yang eksotis. Selain itu, tradisi Jepang jauh lebih kental dalam arsitektur hunian.

Untuk itu, para pengembang meluncurkan kompetisi untuk mengadaptasi model rumah Jepang ke Indonesia. Nah, jika Anda juga berencana membangun rumah bergaya Jepang, yuk simak dulu inspirasi desainnya yang mediaproperti.net rangkum di sini.

Inspirasi Desain Rumah Gaya Jepang

Gambar 25+ Inspirasi Desain Rumah Jepang Minimalis Simple dan Mewah

Jika Anda hanya melihat ciri-cirinya, Anda mungkin sudah memiliki gambaran tentang desain rumah ala Jepang. Agar lebih jelas, berikut beberapa referensi gambar desain rumah ala Jepang:

1. Ruang yang luas Ciri Khas Rumah gaya Ala Jepang

Semua orang pastinya sudah mengetahui, ciri khas rumah asli Jepang adalah pada ukuran ruangan yang sangat luas. Terutama pada ukuran ruang tamu dengan gaya lesehan dan di beri alas duduk.

Usahakan bagian depan rumah di buatkan taman, supaya produksi udara yang segar bisa masuk ke dalam rumah,

2. Desain Rumah Ala Jepang yang Modern

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, rumah tradisional yang dulunya banyak orang menggunakan model tersebut untuk membut rumahnya, Kini sudah hampir merata menyukai konsep rumah modern dengan gaya rumah minimalis.

Minimalis ini sangat di minati para kaum milenial. Rumah dengan 3 lantai ini mengusung konsep ala rumah Jepang yang tata pencahayaanya sangat dominan. Bisa Anda lihat di Jepang Jendela yang besar-besar terpasang di masing-masing dinding rumah untuk pencahayaannya.

3. Rumah Jepang dengan Pohon yang Rindang

Meskipun lahan yang di miliki cukup sempit, orang jepang tidak pernah melewatkan sebuah taman rumah atau penghijauan pada tempat tinggal mereka. Karena kepercayaan orang Jepang yang mengutamakan pola hidup sehat, selain pencahayaan rumah tanaman-tanaman di usahakan untuk di tanam di sekitar rumah.

Dengan banyaknya pohon yang di tanam akan menghasilkan udara yang sehat.

4. Rumah Jepang tradisional

Bagi Anda yang penggemar rumah antiq, maka selain rumah adat Jawa yang tradisionalnya kental, bisa di pilih juga untuk rumah model lama Jepang yang sangat hangat dan sejuk apabila Anda berada pada rumah dengan model tersebut.

Untuk membuat rumah ala Jepang dengan model tradisional ini yang wajib di persiapkan adalah lahan yang cukup luas. Karena di samping ukuran rumah yang sangat luas, pelengkap lainnya seperti taman, kolam ikan dan tempat bersantai ada pada rumah dengan model tradisional ini.

5. Rumah Jepang perpaduan Tradisional dan Modern

Desain rumah ini juga dibuat dengan berpatokan pada lansekap di sekitarnya. Yaitu menghadap pada pemandangan yang memukau pada wilayah masing-masing, sangat apik!

Model tradisional ini memadukan konsep modern yang mana material yang di pakai tidak sepenuhnya dari kayu. Namun konsepnya menggunakan model tradisional.

6. Rumah Jepang Modern 1 Lantai

source : Homeshabby.com

Selain itu model inspirasi yang ke enam untuk rumah ala jepang 1 lantai bisa di jadikan referensi. Model yang minimalis namun interior pada rumahnya sangat luar biasa meskipun sederhana tapi bener-bener nyaman untuk di jadikan tempat tinggal.

7. Ruang Tamu yang Luas ciri khas Rumah Jepang

Desain Rumah Jepang Minimalis Bernuansa Hangat Tapi Sejuk

Salah satu ciri khas dari rumah yang di bangun pada negara dengan kepercayaan dewa matahari ini adalah ruang tamu yang luas. Ruang tidak memiliki sekat dan saling terhubung antar ruangan. Namun ada juga yang memberikan sekat ruangan yang terhubung. Namun sekat tersebut dapat di buka untuk melancarkan sirkulasi udara pada ruang rumah.

8. Pemilihan Warna untuk Ruang Tamu tang tepat

Desain Rumah Jepang Minimalis Bernuansa Hangat Tapi Sejuk

Pimilihan warna rumah jika ingin terlihat seperti ala Jepang perlu untuk di pikirkan, jangan sampai salah memilih dan menjadikan yang awalnya mirip rumah Ala Jepang, namun sangat berbeda karena kesalahan memilih warna.

Sebagian besar warna-warna yang menghiasi rumah di Jepang adalah warna-warna yang soft seperti crem, putih, abu-abu muda, hitam, gold dan coklat.

9. Desain Rumah Minimalis Ala Jepang Model Modern

Desain Rumah Jepang Minimalis Bernuansa Hangat Tapi Sejuk

Jepang terkenal untuk kepentingan privasinya yang terjaga. Meskipun rumah yang di buat itu tertutup dengan pagar yang mengililingi rumahnya namun masih mendapatkan pencahyaan yang maksimal pada rumah ini.

Untuk itu rumah tersebut menggunakan jendela-jendela utama yang berukuran besar untuk mendapatkan pencahayaan maksimalnya.

10. Rumah Ala Jepang untuk wilayah Tropis

Desain Rumah Jepang Minimalis Bernuansa Hangat Tapi Sejuk

Model ini sangat cocok untuk iklim yang ada di Indonesia yakni iklim tropis. Bentuk yang mengusung ala Jepang dengan warna cat yang netral cocok untuk menjadikan sebuah ketenangan dalam rumah. Karena warna netral dapat membuat pikiran tidak stres dan merasa tentram.

Rumah yang berada pada daerah tropis memiliki ukuran ketinggian plafon yang cukup tinggi yang berguna untuk mengurangi suhu panas pada siang hari.

11. Desain Rumah Jepang Tradisional ukuran Kecil dengan Taman

Desain Rumah Jepang Minimalis Bernuansa Hangat Tapi Sejuk

Tanaman dapat memberikan sentuhan alami pada ruangan, namun perabotan rumah lain juga dapat memberikan efek alami. Kita dapat menghias rumah dengan menggunakan area taman yang dapat memberikan sirkulasi udara atau produksi udara yang bagus untuk rumah Anda nantinya.

20+ Gambar Desain Rumah Ala Jepang Minimalis

Tips Membangun Rumah ala Jepang

Setelah selesai memilih inspirasi aneka desain rumah ala Jepang, apakah Anda tertarik untuk membangunnya? Ada yang perlu di ketahui bahwa, Anda tidak dapat sembarangan dalam membangun rumah bergaya Jepang karena hal ini cukup sulit untuk dilakukan. Diperlukan tenaga ahli dan pematangan konsep agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Nah apabila Anda ingin membangun rumah ala Jepang dibawah ini terdapat hal penting yang perlu di ingat.

1. Kayu

Rumah di Jepang di dominasi bangunan rumah tradisional banyak menggunakan bahan dasar kayu sebagai material utama. Bukan tanpa alasan mereka membangun rumah dengan bahan dasar kayu.

Hal ini dikarenakan wilayahnya rawan terjadi gempa sehingga rumah dibangun dengan kayu agar lebih aman.

2. Pintu geser

Pintu geser (shoji) dan pemisah ruangan (fusuma) sangat identik pada rumah tradisional dari Jepang. Sebagai bentuk identitas budaya, shoji dan fusuma masih tetap dipertahankan hingga saat ini.

Pintu geser terbuat dari triplek dan kayu yang dilengkapi dengan kertas khusus. Untuk menambah kesan estetika biasanya masyarakat Jepang membuat lukisan cantik di permukaan kertasnya, Bunda.

3. Tatami

Tatami merupakan anyaman terbuat dari jerami yang biasanya digunakan sebagai alas duduk di lantai. Aroma khas yang dikeluarkan dari tatami sangat erat dengan rumah ala Jepang.

Tak hanya memberikan efek keindahan pada rumah, tatami juga berfungsi sebagai penghangat di kala musim dingin tiba atau cuaca dingin.

4. Beranda / Engawa (え ん が わ)

Beranda rumah jepang

Rumah Jepang umumnya dilengkapi beranda pada bagian depan rumahnya, yang biasa disebut dengan engawa.

Engawa biasa muncul pada anime Jepang dalam adegan memandangi taman di depan rumah, maupun menikmati dinginnya malam sambil menatap bintang dan bersenda gurau dengan teman atau keluarga.

5. Genkan

Genkan rumah jepang

Genkan merupakan salah satu keunikan dari rumah ala Jepang. Genkan yang merupakan tempat menaruh alas kaki di depan rumah untuk menjaga kebersihan interior ruang keluarga dan tatami agar tidak kotor, ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. Wah, orang Jepang memang sangat disiplin ya!

Nah itu diatas merupakan berbagai inspirasi rumah model Jepang yang bisa menjadi referensi Anda, unik-unik bukan? Untuk membangun rumah model ini, Anda harus mempertimbangkan lokasi dan biaya. Tentu saja, desain yang sedikit unik akan membutuhkan biaya yang lebih bukan? Selamat Mencoba.

mediaproperti

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 25+ Inspirasi Desain Rumah Jepang Minimalis Simple dan Mewah ! yang dipublish pada May 16, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

1 Comment

  1. […] modifikasi material bata dan kayu. Konsep ini lebih cocok untuk Anda yang menyukai gaya minimalis tradisional Korea. Perpaduan kedua bahan tersebut akan menambah kesan hangat pada rumah dan membuat suasana […]

Leave a Comment