Desain Rumah Minimalis Tropis Modern

Desain Rumah Minimalis Tropis Modern

Desain Rumah Minimalis Tropis Modern artikel selanjutnya yang akan kami sajikan kepada Anda pembaca setia media properti. Sebelumnya pembahasan soal desain rumah tropis sudah kami bahas di artikel “Desain Rumah Modern Tropis“, untuk kategori rumah minimalis selengkapnya ada pada artikel kali ini.

Sebanyak kurang lebih ada 20 gambar desan rumah minimalis tropis modern akan kami berikan kepada Anda. Gambar-gambar tersebut mungkin dapat memberikan kepada Anda gambaran bahkan referensi dalam membangun rumah minimalis yang Anda impikan.

Pada dasarnya Indonesia memang negara yang beriklim tropis, dengan menggunakan konsep rumah tropis, maka sangat sesuai dengan kondisi iklim yang ada di negara Indonesia ini. Nah berikut ini anda dapat memilih berbagai macam referensi rumah minimalis tropis modern :

Desain Rumah Minimalis Tropis Modern

Desain Rumah Minimalis Tropis Modern

Desain Rumah Minimalis Tropis Modern

Desain rumah tropis minimalis modern memiliki ciri-ciri rumah yang dapat dikatakan sebagai apa itu rumah tropis. Beberapa cirinya dapat anda ketahui dengan mudah seperti :

  • Memiliki banyak ventilasi
  • Memiliki konsep open space
  • Pemilihan warna cat yang netral
  • Terdapat tanaman tropis di taman
  • Memiliki jendela yang besar

Dengan beberapa ciri tersebut Anda dapat membuat konsep rumah minimalis dengan tema tropis sendiri. Namun jika tidak mau ribet memikirkan gambaran rumah tropis tersebut, bisa langsung memilih rujukan yang sudah kami siapkan di bawah ini :

Rumah Tropis Minimalis Modern Konstruksi Kayu

Rumah Tropis Minimalis Modern Konstruksi Kayu

Rumah tropis desain modern adalah gaya arsitektur yang tahan terhadap iklim dan cuaca tropis. Setiap komponen bangunan didesain agar cahaya masuk dan keluar dengan bebas.

Kayu merupakan bahan yang efektif untuk mengurangi dingin. Kita bisa menghemat energi karena kita tidak perlu sering-sering menggunakan AC.

Seperti pada gambar contoh rumah tropis yang pertama ini, seluruh bahan material bangunan untuk kontruksinya adalah kayu. Ruangan terbuka yang luas pada lantai satu memberikan kesan nyaman dan sirkulasi udara yang sehat.

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern 2

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Terutama untuk taman. Sedangkan cuaca panas dan kelembapan tinggi dapat dikelola dengan taman tropis. Selain mempercantik ruangan, tanaman juga bisa membuat rumah terlihat lebih sejuk meski berada di tengah kota.

Pintu dan jendela kaca membuat ruangan lebih terang dan cerah. Sinar matahari yang bisa masuk ke dalam ruangan dengan leluasa dan sirkulasi udara juga lebih baik. Selain itu, pintu dan jendela kaca membuat rumah tampak lebih besar

Pohon yang rindang dapat menghalangi panas matahari. Selain mempercantik rumah, tanaman dengan ukuran yang memiliki ranting-ranting yang melebar bermanfaat dalam memberikan kita oksigen. Selain itu, kromium dapat menjadi sumber oksigen untuk rumah dengan akuarium.

Rumah tropis tidak lengkap tanpa kolam. Harus dimiliki, terutama jika Anda suka berenang. Selain olahraga, kamu juga bisa

Rumah Tropis Minimalis Modern Model Rumah Lahan Luas

Rumah Tropis Minimalis Modern Model Rumah Lahan Luas

Warna netral cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan stres. Warna netral bisa membuat pikiran kita tenang dan tentram. Kombinasi warna netral dan tanaman hijau akan menjadi kombinasi yang tepat dan menambah nilai estetika pada rumah.

Di setiap ruangan agar tidak ramai. Pilih warna furnitur yang sesuai dengan ruangan sehingga menimbulkan kesan elegan.

Tanaman dapat memberikan kesan alami pada ruangan, namun perabot rumah tangga lainnya juga dapat memberikan efek alami. Kita bisa mendekorasi rumah menggunakan lantai kayu, kursi rotan dan meja kayu.

Untuk yang memiliki lahan cukup luas, dapat juga menggunakan pilihan kami yang ini. Konsep rumah ini memiliki ruangan terbuka yang dapat digunakan apa saja, bersantai, menerima tamu, maupun pesta kecil yang beradad di luar ruangan.

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern dengan Balkon

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern dengan Balkon

Pada umumnya rumah tropis modern memiliki ruangan yang luas sehingga sirkulasi ruangan menjadi lancar dan sejuk. Ruangan yang lebih luas juga memberikan kesan elegan pada rumah.

Pada umumnya rumah tropis memiliki kemiringan atap 30 derajat. Daerah dengan iklim tropis memiliki curah hujan yang tinggi. Atap miring memiliki fungsi agar air hujan tidak membeku di bagian atas rumah dan mengalir langsung ke tanah.

Namun bukan berarti lahan yang kecil tidak dapat mendukung untuk membangun rumah tropis minimalis. Anda dapat menggunakan contoh desain rumah tropis minimalis dengan balkon ini salah satunya. Lahan sempit tidak mengurangi dalam berekspresi mewujudkan rumah tropis minimalis impian Anda.

Desain Rumah Tropis Minimalis Idaman Milenial

Desain Rumah Minimalis Tropis Modern

Anda bisa menempatkan tanaman di sudut rumah, seperti ruang tamu atau dapur. Tanaman dapat memperindah sebuah ruangan dan memberikan kesan baru pada mata.

Dengan desain yang minimalis mungkin untuk rumah tropis dapat di wujudkan. Contohnya gambar yang di tujukan untuk kaum milenial kali ini. Kaum milenial sangat menyukai interior dan eksterior yang tidak terlalu mencolok. Cukup sederhana, namun memiliki kesan ketika di lihat dari berbagai sudut pandang ke rumah memiliki kesan yang mengesankan.

Kaum milenial biasanya memilih warna yang tenang, baik tembok dan lantainya. Kemudian kursi, meja, jendela dan pintu menggunakan kayu dengan corak natural. Taman yang sederhana dan penempatan kolam ikan untuk mempercantik tampilan rumah.

Interior Rumah Tropis Minimalis dengan taman dan kolam dalam rumah

Interior Rumah Tropis Minimalis dengan taman dan kolam dalam rumah

Penambahan tanaman dan kolam pada rumah tropis minimalis ini juga dapat anda gunakan dalam memperkaya sirkulasi udara dan menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk.

Anda juga dapat memasangkan jendela ukuran yang besar dan dapat lipat supaya dengan mudah untuk membuka dan mendapatkan udara masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat mencontoh konsep rumah tropis dengan tanamanan dalam ruangan lainnya di bawah ini :

Pencahayaan Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Lingkungan tropis yang alami, terkenal dengan keanekaragaman hayati dan keindahan alamnya, serta hangatnya sinar matahari dan angin musim yang sejuk, harus menjadi bagian penting dari desain arsitektur rumah tropis modern. Dimulai dari eksterior, Gets Architects menggabungkan tanaman sirih gading, daun suji, dan keindahan tanaman air mancur merah ke dalam desain eksterior Deeroemah. Pepohonan hijau berpadu apik dengan ubin merah dan deretan bambu, menjadi aksesoris alami yang menghiasi dinding kaca dan dinding bercat putih serta memberikan kesegaran dari oksigen yang dihasilkan.

Bahan alam yang diperoleh dari lingkungan memiliki nilai tambah yang berbeda-beda. Mudah diperoleh, harganya relatif lebih murah, ketahanannya terhadap iklim lokal sudah teruji, dan biaya pengolahannya lebih murah karena lebih mudah mendapatkan tenaga ahli yang benar-benar memahami proses konstruksi. Kayu, bambu dan batu alam berkaitan erat dengan arsitektur tropis. Sedangkan beton, aluminium dan kaca identik dengan arsitektur modern. Perpaduan keduanya, dengan desain yang menyatu dengan lingkungan, kokoh dan yang terpenting nyaman bagi penumpang. Derma yang tergolong rumah mungil ini bisa tampil asri dan cerah, dengan dinding kaca yang menyatukan area sekaligus

Contoh Desain Rumah Lainnya :

  1. Desain Rumah Joglo Modern, Inspirasi dan Gambar Contoh
  2. Desain Rumah Bali Minimalis Sederhana dan Modern
  3. Desain Rumah Melebar Ke Samping Sederhana
  4. Desain Taman Depan Rumah Minimalis

Tips membangun rumah tropis

1. Berikan ruang void di rumah

Dikarenakan cuaca yang panas dan udara yang lembab, rumah sempit akan terasa sumpek dan panas di iklim tropis. Untuk membantu pengaliran udara, Anda bisa menerapkan volume atap rumah yang cukup luas. Untuk menambahkan ruang void, Anda juga bisa menata rumah Anda dengan konsep open space supaya udara tidak terasa tersumbat.

2. Gunakan jendela dengan ukuran besar

Untuk membuat rumah Anda terasa sejuk dan nyaman, Anda bisa menggunakan jendela ukuran besar untuk melancarkan pengaliran udara. Jendela besar jika dipadukan dengan ruang void yang luas akan berfungsi sebagai kantung udara yang akan membawa hawa kesegaran kepada rumah Anda.

3. Perbanyak tanaman hijau

Konsep rumah tropis sangat cocok untuk dipadukan dengan tanaman hijau yang tepat. Untuk menambah nuansa tropis, Anda bisa menggunakan tanaman seperti pohon kamboja, monstera, anthurium hingga succulent yang sekarang sedang menjadi tren. Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, Anda bisa menggunakan konsep vertical garden.

4. Gunakan unsur air

Pada rumah dengan konsep tropis, menambahkan unsur air seperti kolam ikan atau kolam renang bisa membawa hawa kesegaran kepada rumah Anda. Bila sebuah kolam renang tidak muat, kolam dengan ukuran kecil juga cukup. Atau mungkin sekedar tambahkan kolam ikan untuk menciptakan nuansa rumah lebih hidup.

mediaproperti

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Desain Rumah Minimalis Tropis Modern yang dipublish pada September 3, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

Leave a Comment