Desain Rumah Modern Tropis

Desain Rumah Modern Tropis

Desain Rumah Modern Tropis – Apabila Anda merupakan keturunan keluarga atau bertempat tinggal di wilayah iklim tropis, Anda perlu untuk mensiasatinya pada bangunan rumah yang akan Anda buat nantinya.

Pasalnya lingkungan tropis memiliki kondisi dengan suhu cukup panas dan lembab, sehingga untuk membuat tempat tinggal Anda nyaman dan estetik. Maka desain rumah tropis modern yang akan kami bahas pada artikel kali ini sangat cocok untuk Anda jadikan referensi dari mediaproperti.net.

Di bawah ini Anda dapat membangun rumah dengan konsep rumah iklim tropis yang sesuai dengan idaman Anda:

Desain Rumah Modern Tropis

Desain Rumah Modern Tropis

Desain Rumah Modern tropis memiliki karakteristik atau ciri khas yang membuat nyaman pemilik rumahnya. Karakteristik tersebut seperti :

Rumah Tropis dengan Atap Miring

Tidak hanya di rumah, atap miring juga diaplikasikan di beberapa bandara. Fungsinya untuk melindungi bangunan dari cahaya matahari langsung atau terpaan hujan deras.

Perubahan cuaca secara mendadak dan terus menerus dalam waktu yang cukup lama, membuat rumah atau bangunan lainnya mengalami beberapa masalah serius.

Biasanya atap miring memiliki skala kemiringan 30 derajat, desain ini juga menggunakan langit-langit jenjang setinggi 2,5-3 meter lebih.

Memiliki Banyak Ventilasi

Suhu di dalam rumah harus terjaga dengan baik, jika tidak ini akan memengaruhi perabotan khususnya yang tak tahan suhu lembap atau panas.

Pemasangan lubang ventilasi di dinding rumah berfungsi untuk proses sirkulasi udara. Ini juga berguna untuk menghindari serangan jamur pada dinding dan perabotan.

Rumah tropis modern pun kerap menggunakan ventilasi silang (cross ventilation), sehingga udara yang masuk jadi lebih optimal dan membuat setiap ruangannya terasa lebih sejuk.

Banyaknya ventilasi juga membuat pencahayaan alami jadi lebih mudah memasuki seluruh penjuru rumah.

Warna Netral

Gaya arsitektur tropis memiliki beberapa jenis, ini akan berpengaruh pada pilihan warna cat interior dan eksterior rumah.

Misalnya saja, kamu ingin mencoba menerapkan gaya rumah tropis minimalis yang simpel dengan cat tembok berwarna pastel.

Tapi, pada umumnya rumah tropis menggunakan warna yang selaras dengan alam, seperti putih, coklat, hijau, terakota dan lainnya.

Setiap unsur warna ini memberikan kenyaman dibandingkan dengan warna yang mencolok, misalnya saja warna kuning.

Konsep Open Space

Konsep rumah open space tanpa sekat jadi ciri khas yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja.

Rumah tropis nyatanya lebih mementingkan unsur keleluasaan, kebebasan, keakraban tanpa dibatasi oleh sekat-sekat yang akhirnya akan membuat aktivitas terganggu.

Tapi, jika kamu ingin mendapatkan privasi menggunakan beberapa perabotan multifungsi bisa jadi solusi.

Tidak lupa juga, pada bagian dalam rumah harus mendapatkan cahaya alami semaksimal mungkin dengan penggunaan jendela besar.

Material Alami

Konsep rumah tropis modern adalah kembali ke alam, di mana semua unsur material yang digunakan berupa kayu, bambu, batu alam dan barang-barang daur ulang.

Tak harus baru, kamu bisa memanfaatkan material bekas dan masih layak pakai untuk menampilkan hunian tropis yang menarik dan unik.

Desain Rumah Lainnya :

  1. Desain Rumah Melebar Ke Samping Sederhana
  2. Desain Rumah Bali Minimalis Sederhana
  3. Desain Rumah Joglo Modern, Inspirasi dan Gambar Contoh

Desain Eksterior Modern Rumah Iklim Tropis

Karena di Indonesia ini atau di negara yang memiliki iklim Tropis, pada bagian Eksterior bangunan rumah sangat perlu di pikirkan.

Pada contoh kasus yang kerap di alami pada rumah yang berada di wilayah suhu udara panasnya tinggi adalah

  1. Suhu lembab, pencahayaan kurang
  2. Sirkulasi Udara Panas, karena karena tidak ada ventilasi udara
  3. Rumah kurang sejuk,
  4. dll

Maka dari itu perlu penambahan sirkulasi udara yang cukup banyak pada setiap ruang bangunan rumah. Anda dapat menggunakan roaster dan menempatkan pada bagian inti ruang tengah, sehingga nanti seluruh ruangan akan teraliri sirkulasi udara. Untuk desain roaster pada ruang tengah dapat melihat pada gambar di bawah ini :

variasi dinding roaster untuk ruang tengah sebagai ventilasi udara
variasi dinding roaster untuk ruang tengah sebagai ventilasi udara

Sedangkan untuk bagian luar rumah dapat melihat beberapa contoh gambar eksterior rumah iklim tropis di bawah ini :

Desain Rumah Tropis Modern Yang Unik & Menakjubkan!

Desain Rumah Tropis Modern Yang Unik & Menakjubkan!

Nah desian rumah modern yang mengusung konsep unik dan menakjubkan yang dapat di terapkan di Indonesia adalah seperti contoh gambar rumah di atas. Rumah Modern Tropis namun memadukan konsep contemporer industrial.

Karena kedua element tersebut sangat kental dan terlihat pada struktur konsep bangunan rumahnya. Contohnya penggunaan struktur baja dan box container, kemudian tembok yang tanpa pengecetan dll.

Penambahan tanaman pada sekitar rumah dan taman nya juga sangat mempercantik tampilan rumah tropis ini.

Desain Rumah Modern Tropis

Tentu bisa pak/bu. Anda tidak perlu melakukan penelitian khusus. Sebaliknya, cukup menyiapkan hasil pengukuran iklim negara dan foto negara. Dengan data kelas dunia, ini lebih akurat daripada kunjungan arsitek sederhana. Anda juga dapat membagikan tautan GPS global sehingga kami dapat melihatnya dari satelit. Namun, jika Anda ingin diperiksa oleh Arsitek kami, Anda juga dapat menanggung biaya perjalanan.

Desain Arsitektur Rumah Modern Tropis Di Sentul, Bogor

Desain Arsitektur Rumah Modern Tropis Di Sentul, Bogor
desain dari http://architectaria.com

Untuk desain Rumah ini adalah perubahan atau rehab dari rumah lama dengan luas awal 45 m2. Konsep bangunan dibuat dengan mengusung modern tropis, berdasarkan keinginan pemilik sebagai client dari http://architectaria.com. Seperti kebanyakan rumah yang dibuat dengan langgam modern tropis, penggunaan jendela berukuran besar serta penambahan unsur kayu pada pintu krepyak memperkuat konsep tropis pada rumah ini.

Pada bagian belakang rumah terdapat taman mungil yang berfungsi untuk memberi kesan ‘hijau’ pada rumah sekaligus sebagai area sirkulasi udara bagi ruang-ruang dibagian dalam rumah.

Rumah Modern Tropis, Ikhwan Desain

Rumah Modern Tropis, Ikhwan Desain
Rumah Modern Tropis, Ikhwan Desain

Nyonya. Dewi Ariyanti Villa Bali Desain Rumah 2 Lantai – Pamulang, Banten Luas Konstruksi 409m2 – Lebar 18m di atas adalah garapan dari desain mas ikhwan. Apabila Anda ingin menggunakan jasanya bisa kontak nomor HP yang ada di gambar atas ini.

Rumah tropis modern adalah gaya arsitektur yang tahan terhadap iklim dan kondisi cuaca tropis. Setiap bagian dari bangunan dirancang untuk membiarkan cahaya masuk dan keluar dengan bebas.

Desain Rumah Modern Tropis

Kayu merupakan bahan yang berfungsi untuk meredam dingin. Kita bisa menghemat listrik karena kita tidak perlu sering-sering menggunakan AC.

Video 3d Mr. Victor Modern House 3 Floors Design

Begitu banyak untuk taman. Meski cuaca panas dan kelembapan tinggi bisa disiasati dengan taman tropis. Selain sebagai penghias ruangan, tanaman juga bisa membuat rumah terlihat baru meski berada di tengah kota.

Mungkin Anda dapat mencontoh salah satu desain dari video dia atas yang di desain oleh Emprio Archithect untuk rumah Mr. Victor.

Pintu dan jendela kaca membuat ruangan terasa lebih besar dan terang. Sinar matahari yang dapat masuk ke dalam ruangan dengan leluasa dan sirkulasi udara juga baik. Selain itu, pintu dan jendela kaca membuat rumah terlihat lebih besar

Tanaman merambat dapat menghalangi panas matahari. Selain sebagai penghias rumah, tanaman rambat juga baik untuk memberikan kita oksigen. Selain itu, tanaman merambat dapat menjadi sumber oksigen di rumah dengan kolam ikan.

Rumah tropis tidak lengkap tanpa kolam. Anda harus memiliki ini, terutama jika Anda suka berenang. Selain olahraga, kamu juga bisa

Desain Rumah Terbaik Bergaya Modern Tropis

Di daerah setempat. Kolam ikan juga cocok untuk anda yang terbebani dengan pekerjaan atau pekerjaan. Menyaksikan gerak-gerik ikan dapat menambah rasa lelah yang Anda rasakan.

Warna-warna netral sangat ideal bagi mereka yang ingin menghilangkan stres. Warna netral bisa membuat pikiran kita tenang dan damai. Menggabungkan warna netral dengan tanaman hijau akan menjadi kombinasi yang tepat dan akan meningkatkan nilai estetika rumah.

Di semua ruangan agar tidak sesak. Pilih warna furnitur yang sesuai dengan ruangan untuk menampilkan kesan yang baik.

Tumbuhan dapat memberikan kesan alami pada sebuah ruangan, namun bagian lain dari rumah juga dapat memberikan efek alami. Kita bisa mendekorasi rumah dengan menggunakan lantai kayu, kursi rotan dan meja kayu.

Penggunaan Aluminium & Glass pada Rumah Tropis

Penggunaan Aluminium & Glass pada Rumah Tropis

Umumnya rumah tropis memiliki ruangan yang luas sehingga sirkulasi ruangan menjadi mudah dan sejuk. Ruangan yang besar juga memberikan kesan gaya pada rumah.

Umumnya, rumah tropis memiliki atap dengan kemiringan 30 derajat.Iklim tropis memiliki banyak hujan. Atap miring memiliki fungsi untuk mencegah air hujan mengumpul di bagian atas rumah dan langsung ke tanah. Sehingga beberapa material rumah Anda tentunya memiliki ketahanan dalam iklim tersebut.

Anda dapat menggunakan material aluminium dan glass atau kaca untuk mendapatkan ketahanan yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa mulai membeli furnitur yang tahan terhadap iklim tropis, seperti tanaman buatan dan kursi kayu. Berikut beberapa produk yang direkomendasikan untuk dibeli:

Anda bisa meletakkan tanaman di sudut rumah, seperti di ruang tamu atau di dapur. Tanaman dapat menghiasi ruangan dan memberikan kesan baru pada mata.

Baca : Harga ALuminium Batangan

Inspirasi Desain Rumah Tropis Modern, Dijamin Bikin Nyaman!

Inspirasi Desain Rumah Tropis Modern, Dijamin Bikin Nyaman!
Inspirasi Desain Rumah Tropis Modern, Dijamin Bikin Nyaman!

Kursi rotan juga cocok untuk penggunaan di dalam ruangan. Warna kursi coklat memberikan efek natural sehingga cocok untuk rumah tropis.

Dengan mengusung konsep desain rumah tropis modern yang trendnya tak pernah sepi peminat. Terutama di negara-negara beriklim tropis seperti daerah Asia Tenggara.

Konsep rumah ini selain nyaman, model rumah ini memungkinkan penghuni untuk mendapat pencahayaan alami.

Kamu juga bisa bebas bermain dengan elemen alam yang dapat Anda Aplikasikan ke dalam bagian-bagian rumah, seperti di luar rumah maupun dalam rumah.

Desain Rumah Modern Tropis

Emporio menggunakan referensi paket lokal, jadi biayanya sudah ada dari awal jadi tidak perlu kaget.

Desain Rumah Tropis Indonesia Yang Modern Dan Minimalis

Desain Rumah Tropis Indonesia Yang Modern Dan Minimalis

Indonesia yang merupakan salah satu Negara beriklim Tropis, sangat layak untuk mengusung konsep rumah dengan memperbanyak elemen tanaman dan pencahayaan serta sirkulasi udara tepat, sehingga membuat rumah tropis minimalis Anda sempurna.

Seperti halnya pada contoh gambar desain rumah di atas, dengan memiliki lahan cukup luas, Anda dapat leluasa dalam memberikan kesan penempatan ruang hijau yang sangat bagus.

Iklim tropis yang terkenal akan suhu udaranya yang panas memang sangat di anjurkan untuk membuat rumah dengan beberapa elemen pendukung tersebut supaya rumah masih tetap terasa segar, alami dan tidak panas.

Keyword : Desain rumah tropis modern 2 lantai, desain pagar rumah modern tropis, desain rumah tropis modern, desain rumah modern tropis minimalis 2 lantai, desain interior rumah tropis modern, desain rumah mewah modern tropis, desain rumah minimalis tropis modern, desain rumah tropis modern 1 lantai, desain fasad rumah 2 lantai modern tropis, gambar desain rumah tropis modern, desain rumah tropis modern 3 lantai, desain rumah modern tropis minimalis 1 lantai

Fathan Hanif Rafasha

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Desain Rumah Modern Tropis yang dipublish pada August 27, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

2 Comments

  1. […] Desain Rumah Modern Tropis […]

  2. […] media properti. Sebelumnya pembahasan soal desain rumah tropis sudah kami bahas di artikel “Desain Rumah Modern Tropis“, untuk kategori rumah minimalis selengkapnya ada pada artikel kali […]

Leave a Comment