14 Feng Shui Rumah yang Membawa Rezeki dan Keharmonisan !

14 Feng Shui Rumah yang Membawa Rezeki dan Keharmonisan !

Feng Shui rumah merupakan sebuah kepercayaan yang dianut oleh mayoritas masyarakat tionghoa dalam membangun sebuah rumah menurut posisi masing-masing ruangan agar memiliki aura positif dalam melancarkan rezeki dan membawa segala macam keberuntungan ke rumah.

Feng shui identik sebagai mitos karena usaha mendatangkan ‘kekuatan yang tak terlihat’ dengan cara mengatur ulang posisi bangunan, objek, dan ruang. Faktanya, nih, tanpa disadari kita justru memblok cahaya hingga aliran udara di dalam rumah. Pada akhirnya yang di rasakan suasananya jadi suram dan panas.

Nah, untuk mengembalikan keharmonisan dan keseimbangan di dalam rumah, kamu bisa memanfaatkan beberapa aturan dasar feng shui.

Apa itu Feng Shui Rumah?

Apa itu Feng Shui Rumah ? Sebenarnya, Feng shui rumah merupakan sebuah ilmu topografi kuno dari Tiongkok yang meyakini jika hubungan manusia, langit, dan bumi bisa harmonis jika manusia mau menerima energi (chi) positif dan menghindari energi negatif.

Dua energi tersebut diyakini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor tata letak hunian kita. Untuk itu, feng shui rumah sering menjadi panduan dalam membangun tempat tinggal agar penghuninya bisa hidup sehat dan beruntung alias hoki.

Tips Feng Shui Rumah Terbaru

Feng Shui Rumah yang membawa keberentungan ini merupakan suatu hal yang dijadikan salah satu pedoman seseorang dalam membangun rumah baru. Nah agar feng shui rumah Anda dapat melancarkan dan membawa keberuntungan, bisa di simak tips di bawah ini.

1. Pilih warna yang mendatangkan rezeki

Pada dasarnya masyarakat Tionghoa, warna emas dianggap bisa memberikan energi positif. Untuk itu, gunakan warna emas agar bisa mendatangkan rezeki. Tak harus seluruh ruangan berwarna emas.

Anda bisa memberi akses cat ruangan dengan warna emas. Jika Anda ingin hal yang berbeda dari yang lain, dekorasi atau hiasan emas bisa menjadi salah satu alternatifnya.

2. Terdapat simbol rejeki di ruang tamu

Budaya Cina memiliki kaitan erat dengan binatang-binatang. Binatang biasanya dijadikan simbol dalam pengelompokkan shio. Dalam urusan rejeki, binatang naga menjadi simbol yang sering dikaitkan dengan kelancaran rejeki.

Tak heran banyak orang menghadirkan patung naga emas di tengah ruangan mereka karena diyakini dapat menjadi salah satu hal yang mendatangkan rejeki.

3. Konsep ruangan yang luas tapi minim perabotan

Pada masyarakat modern, gaya hidup yang serba minimalis memang membuat hidup lebih ringkas. Apalagi jika ruangan luas yang memiliki sedikit perabotan pada rumah minimalisnya.

Secara logis, kondisi ini membuat kita mudah dan bebas bergerak, tanpa dipenuhi dengan barang-barang. Minimnya barang perabotan juga memudahkan kita dalam merawat barang.

4. Membuat aliran air

Air merupakan simbol dalam kelancaran rejeki. Simbol ini biasanya diletakkan di dalam ruang tamu atau ruang tengah. Mereka yang meyakini feng shui, biasanya membangun akuarium atau hiasan air yang mengalir agar bisa mendatangkan rejeki.

Namun di sisi lain, memberikan sentuhan natural berupa aliran air pada ruangan akan memberikan rasa tenang dari gemericik air.

5. Memasang kaca dalam ruangan

Dalam feng shui rumah tinggal hoki, kaca atau cermin diyakini sebagai pemancar energi positif dan pembawa keberuntungan. Sehingga rumah yang menggunakan dek kaca dirasa bisa membawa banyak energi positif.

Penempatan kaca tentu saja diatur, yakni di dalam ruang tengah, ruang tamu, bahkan dalam kamar Anda. Anda dapat menggunakan cermin lantai atau cermin dinding. Selain karena feng shui, kehadiran kaca akan menambah unsur dekoratif pada ruangan Anda.

Di luar itu, dari segi interior kaca membuat ruangan lebih dekoratif. Dengan adanya kaca juga membuat rumah menjadi banyak cahaya sehingga lebih sehat dan hemat daya listrik ketika siang hari.

6. Memelihara tanaman keberuntungan

Memelihara tanaman hias di dalam rumah juga baik menurut feng shui. Disarankan memilih pilea peperomioides (Chinese Money Plant) atau jade plant.

Dua tanaman hias ini memiliki daun seperti koin, sementara jade plant juga tampak menyerupai batu giok yang berharga.

Pachira aquatica atau yang disebut sebagai pohon uang juga sering digunakan dalam feng shui untuk menyambut kelimpahan ke rumah.

Jenis tanaman hias tersebut bisa menjadi pilihan yang baik secara feng shui untuk rezeki dan keberuntungan di rumah.

Tata Letak Ruang dalam Feng Shui Rumah

Agar tata letak ruang tidak salah dalam menentukan posisi yang tepat dan bisa membawa keberentungan setiap hari, maka feng shui rumah dalam tata letak ruangan bisa di simak di bawah ini :

7. Pintu Utama

Pintu Utama simbol feng shui rumah

Pintu utama adalah tempat masuknya seluruh energi, baik positif dan negatif. Untuk itu, pintu ini sebaiknya proporsional dengan ukuran rumah. Selain itu, pintu utama sebaiknya juga langsung mengarah ke pintu belakang. Agar jika ada energi negatif bisa langsung ke luar tanpa sempat mampir ke dalam rumah.

8. Tangga

Tangga simbol feng shui rumah

Jika rumah Anda bertingkat, hindari meletakkan tangga di tengah ruangan. Hal ini diyakini membuat energi rumah tak seimbang. Dari sisi interior, tangga di tengah ruangan juga lebih memakan tempat dan menghambat pergerakan penghuninya.

Selain itu, yang sangat disarankan oleh feng shui adalah menghindari tangga dengan sudut tajam. Bentuk tajam ini disebut ‘panah gelap’ dan dilihat dari segi keamanan, sudut tajam memang lebih membahayakan karena dapat melukai. Jadi, pilihlah model tangga untuk hunian Anda dengan seksama, ya!

9. Kamar Tidur

Kamar Tidur simbol feng shui rumah

Mengenai kamar tidur, aturan yang benar menurut feng shui adalah tidak berada di atas garasi. Hal tersebut diyakini akan mempengaruhi energi positif. Namun secara logika ini juga masuk akal.

Tidur di atas garasi tentu membuat Anda tak nyaman. Entah dikarenakan oleh suara kendaraan atau polusi yang mungkin bisa saja masuk ke dalam kamar.

Baca juga : 11+ Gambar Inspirasi Kamar Tidur Tingkat untuk Dewasa Model Minimalis

10. Kamar Mandi

Feng Shui Kamar Mandi

Kamar mandi yang baik menurut feng shui adalah kamar mandi dengan jarak berjauhan dari kamar tidur, dapur dan tempat ibadah di rumah.

Mengapa? Ketiga ruangan tersebut memiliki aura positif yang jika di dekatnya terdapat kamar mandi, maka energi negatif akan menutupi energi asli dari ruangan tersebut. Tentu, aura negatif kurang memberikan hoki pada feng shui rumah.

11. Dapur

Dapur simbol feng shui rumah

Posisi dapur sebaiknya tidak berhadapan dengan kamar mandi. Hal ini dikarenakan kamar mandi diyakini memiliki energi negatif, sedangkan dapur memiliki energi positif.

Sehingga jika berhadapan, maka energi positif dapur diyakini akan tersedot oleh energi negatif dari kamar mandi. Tentu posisi ini juga tak nyaman untuk masak atau saat ada penghuni rumah yang makan di area dapur.

Baca lainnya : 50+ Gambar Inspirasi Desain Dapur Minimalis Sederhana Tampil Mewah !

Simbol Keberuntungan Feng Shui Rumah

12. Menempatkan katak uang

katak uang feng shui

Katak uang adalah simbol China yang sering digunakan dalam feng shui untuk mengundang kemakmuran dan kelimpahan. Selain terhubung dengan kekayaan, katak uang juga mewakili umur panjang dan kebijaksanaan.

Dalam cerita rakyat China, ada banyak cerita tentang katak uang yang konon katanya menghasilkan koin dari mulutnya.

Untuk menyesuaikannya dalam feng shui, katak uang umumnya berupa patung kecil yang terbuat dari logam, batu giok, atau jenis batu lainnya yang ditempatkan di permukaan yang rendah, tetapi tidak langsung di lantai. Selain itu, jika memilih untuk menempatkan katak uang di rumah, pastikan memperlakukannya dengan hati-hati dan pastikan sering membersihkannya.

13. Sediakan semangkuk jeruk

jeruk simbol feng shui rumah

Dalam budaya China, jeruk juga termasuk simbol rezeki dan keberuntungan. Jeruk juga merupakan sumber energi Yang aktif dan membangkitkan semangat.

Selain itu, aroma dan warna jeruk diyakini dapat mengangkat dan memberi energi pada sebuah ruangan.

Jadi, menyimpan semangkuk jeruk segar di dapur bisa menjadi cara sederhana untuk mendatangkan lebih banyak rezeki dan keberuntungan di rumah dan kehidupan kita.

14. Mengoleksi koin China

koin China simbol feng shui rumah

Koin China merupakan salah satu simbol lain dari hal positif dan keberuntungan dari masyrakat Tionghoa. Koin digunakan sebagai mata uang di China kuno, membuatnya terhubung dengan rezeki dan keberuntungan.

Biasanya, beberapa keping koin logam dirangkai dengan pita merah atau kuning dan digantung di dinding. Warna Merah dan kuning merupakan warna keberuntungan dalam feng shui.

Merah juga melambangkan vitalitas dan perlindungan, sementara kuning dikaitkan dengan istana kekaisaran.

Apabila ingin membawa koin China ke rumah, hal terbaik yang perlu dilakukan adalah menemukan koin tembaga antik asli. Jika sulit menemukannya, pilihlah replika degnan kualitas terbaik yang bisa kita temukan, sering kali terbuat dari emas atau batu giok.

15. Menambahkan kristal citrine

kristal citrine simbol feng shui rumah

Citrine kerap kali digunakan untuk mewujudkan kelimpahan dan peluang serta menciptakan rasa percaya diri dan optimisme yang lebih besar.

Pada saat kita bekerja dengan kelimpahan, penting juga untuk melihat bagaimana perasaan kita tentang diri sendiri.

Menumbuhkan rasa percaya diri dan harga diri sangatlah penting karena diyakini bisa pula mendukung tujuan kelimpahan materi.

Jika ingin menambahkannya ke rumah, cobalah menempatkannya di area kekayaan untuk mengaktifkannya atau meletakannya di meja dengan harapan mengundang lebih banyak peluang rezeki dan keberuntungan dalam karir kita.

Dengan pengetahuan tentang feng shui rumah tinggal hoki ini, tentu bisa menjadi pertimbangan Anda membangun rumah. Usahakan hindari apa yang menjadi larangan, dan memahami anjuran yang disarankan. Semoga rumah Anda makin banyak energi positifnya dan membuat penghuninya sehat serta lancar rejeki. Temukan informasi lain mengenai properti di mediaproperti.net untuk hadirkan rumah yang mendatangkan hoki. Selamat mencoba!

mediaproperti

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 14 Feng Shui Rumah yang Membawa Rezeki dan Keharmonisan ! yang dipublish pada May 19, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

1 Comment

  1. […] Baca juga : 14 Feng Shui Rumah yang Membawa Rezeki dan Keharmonisan ! […]

Leave a Comment