Syarat dan Cara Membuat Akta Kelahiran Secara Online Mudah tanpa Ribet

Syarat dan Cara Membuat Akta Kelahiran Secara Online Mudah tanpa Ribet

Cara membuat Akta Kelahiran untuk anak yang baru lahir sangatlah mudah dan tidak ribet jika Anda sudah mempersiapkan seluruh persyaratannya terlebih dahulu. Di butuhkan beberapa syarat atau dokumen dalam mengurus pembuatan akta kelahiran anak dan wajib di persiapkan.

Sekarang pembuatan Akta Anak tidaklah ribet seperti tempo dulu yang rumit harus mengurus ini dan itu beda-beda tempat serta tidak dapat langsung jadi pada saat pembuatan berkas.

Apabila Anda mengurus membuat Akta Kelahiran anak secara offline di Dinas Dukcapil atau Penduduk dan Pencatatan Sipil akan jadi pada saat pengurusan.

Syarat dan Cara Membuat Akta Kelahiran Secara Online Mudah tanpa Ribet

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk meninggalkan pekerjaan untuk mengurus secara offline, bisa memanfaatkan layanan terbaru dari Dinas Dukcapil dalam pembuatan Akta Kelahiran secara Online.

Menurut Permendagri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran memastikan bahwa pencatatan kelahiran baik secara online maupun manual memiliki kekuatan hukum yang sama.

Jangan banyak menunda pengurusan data administrasi anak yang baru lahir, pasalnya waktu yang diberikan oleh pemerintah paling lambat pengurusan dilakukan sebelum lebih dari 60 hari sejak kelahiran. Jika lebih dari itu maka banyak proses yang pastinya makin rumit untuk dilengkapi.

Bagaimana cara membuat akta kelahiran online?

Sebagai salah satu dokumen penting, akta kelahiran kerap digunakan untuk mengurus pencatatan sipil anak. Bahkan, dokumen ini juga digunakan untuk pendaftaran sekolah sang anak kala sudah masuk usia sekolah. Nah bagaimana cara membuat akta kelahiran secara online? Yuk simak di bawah ini tata cara dan panduan membuat akta kelahiran online !

  1. Yang pertama melakukan pendaftaran akun ke laman https://demo.dukcapil.online/register.
  2. Kemudian, masukan dan unggah data pribadi yang diminta, seperti nama lengkap, nomor KTP, KK, nomor Whatsapp, foto KTP dan lain-lain.
  3. Apabila selesai unggah data, klik “Kirim data pendaftaran user baru”.
  4. Selanjutnya masuk ke laman https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/web.
  5. Kemudian, klik “Masuk” dan masukan NIK dan Password yang telah dibuat.
  6. Isi formulir dan unggah berkas persyaratan. Pada halaman berikutnya akan diminta untuk mengisi dan mengunggah kembali beberapa persyaratan.
  7. Jika semuanya berkas sudah diunggah dan mengisi formulir, maka akan mendapatkan tanda bukti permohonan.
  8. Tahap berikutnya, petugas akan memverifikasi dan memvalidasi data terlebih dahulu dengan basis data atau biodata yang tersimpan dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Dan petugas akan menerbitkan register akta kelahiran.
  9. Ketika selesai melakukan verifikasi dan validasi, pejabat pencatatan sipil akan menandatangani dan menerbitkan register akta kelahiran.
  10. Pemohon akan diberi pemberitahuan melalui email oleh petugas. Pemohon dapat mencetak kutipan akta kelahiran yang sudah jadi secara mandiri.

Syarat Membuat Akta Kelahiran Online

Adapun dokumen yang dijadikan syarat membuat akta kelahiran online yang perlu dipersiapkan antara lain:

  1. Surat keterangan lahir dari dokter/bidan/penolong kelahiran.
  2. Akta nikah atau kutipan akta perkawinan.
  3. Kartu Keluarga di mana penduduk akan didaftarkan sebagai anggota keluarga.
  4. E-KTP orang tua/wali/pelapor; atau Paspor bagi WNI bukan penduduk dan orang asing.
  5. SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Kebenaran Data Kelahiran (bagi yang tidak memiliki surat keterangan kelahiran dari dokter/ bidan/ penolong).
  6. SPTJM Kebenaran Sebagai Pasangan Suami-Istri (bagi yang tidak memiliki akta perkawinan, sudah berstatus kawin di dalam Kartu Keluarga dan sudah terstruktur suami-istri-anak di dalam Kartu Keluarga).

Demikian artikel cara membuat akta kelahiran online yang mudah yang dapat Anda lakukan.

Baca juga artikel lainnya :

  1. Contoh Surat Kuasa Ahli Waris, Pengertian dan Cara Membuat
  2. Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Format Lengkap SAH Sesuai Hukum
  3. Contoh Surat Jual Beli Tanah Lengkap dan Cara Membuat Terbaru !
  4. Biaya Pecah Sertifikat Tanah Terbaru

Segeralah membuat akta kelahiran anak, karena apabila dokumen anak tidak segera di urusi hingga dewasa nanti akan membuat masa depan anak kesulitan dalam mengakses layanan publik dan juga kebutuhan lainnya.

mediaproperti

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Syarat dan Cara Membuat Akta Kelahiran Secara Online Mudah tanpa Ribet yang dipublish pada September 4, 2022 di website Media Properti

Artikel Terkait

Leave a Comment